Kemenkes RI Menemukan Penurunan Signifikan Capaian Imunisasi Rutin Dari 93% Tahun 2019 Menjadi 84.2% Tahun 2020 dan 2021

28

Gerbangsumatera88.id -Sebelum adanya imunisasi, diperkirakan 2,6 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit yang mewabah. Berdasarkan data WHO, imunisasi telah berhasil menurunkan 80% kematian akibat penyakit tersebut dalam kurun waktu 2000-2007.

Untuk mendapatkan kekebalan komunitas (herd immunity), dibutuhkan cakupan imunisasi yang merata dan tinggi (minimal 95%). namun, adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan tidak optimalnya pelaksanaan imunisasi rutin. 

Laporan dari Kemenkes RI menemukan penurunan signifikan capaian imunisasi rutin dari 93% pada tahun 2019 menjadi 84.2% pada tahun 2020 dan 2021. 

Sebagai komitmen Pemerintah Indonesia melaksanakan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang bertujuan untuk menutup kesenjangan capaian imunisasi melalui imunisasi tambahan Campak-Rubela yang diberikan kepada seluruh sasaran tanpa melihat status imunisasi dan imunisasi kejar yang diberikan dengan melihat status imunisasi ipv, opv, dan dpt-hb-hib.

Bulan Imunisasi Anak Nasional dilaksanakan dalam 2 tahap, tahap 1 untuk provinsi diluar Jawa-Bali (termasuk Provinsi Lampung) yang di mulai pada bulan Mei-Juni 2022,  dan tahap 2 untuk Provinsi Jawa-Bali yang akan di laksanakan pada bulan Agustus 2022 mendatang. 

Kabupaten Pesisir Barat juga terlibat dalam pelaksanaan bulan imunisasi anak sekolah tahap 1. Provinsi Lampung berkomitmen untuk mencapai target sebesar 95% sasaran mendapatkan imunisasi tambahan campak-rubela dan 80% sasaran mendapatkan imunisasi kejar opv, ipv, dan dpt-hb-hib. sebagai informasi, sasaran imunisasi campak-rubela di kabupaten pesisir barat adalah anak berusia 9 bulan – 12 tahun yang diperkirakan sebanyak 29.581 jiwa

“Marilah kita sukseskan pelaksanaan BIAN di Kabupaten Pesisir Barat ini dengan cakupan tinggi minimal 95% yang merata dan berkualitas. pencanangan ini merupakan bukti komitmen kita siap mensukseskan program imunisasi di Indonesia untuk menyelenggarakan bulan imunisasi anak nasional yang akan dilaksanakan di sekolah-sekolah dan dilanjutkan di posyandu atau fasilitas pos pelayanan kesehatan terdekat,” Kata Bupati Agus Istiqlal ketika menghasidi pencananan BIAN di SDN 1 Pekon Rawas, Rabu (25/5/2022). (Anton)