Bupati Lampura Hadiri Pemantapan Haji di Kamenag

51

GERBANGSUMATERA88.ID- Lampung Utara – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Utara terus melakukan pemantapan kepada calon jamaah haji dengan menggelar Manasik Haji Massal. Sebanyak 221 calon jamaah haji diberi pemahaman tentang pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Selasa (24/5/2022)

Dalam kegiatan manasik haji yang di gelar kemenag Lampung Utara di lapangan tenis stadion sukung Kotabumi selasa 24 mei 2022 tersebut, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Lampung Utara Drs.H.TOTONG SUNARDI.,M.M. dalam sambutannya menyampaikan.

“Jumlah jamaah calon haji Lampung Utara tahun 2022 berjumlah 225 orang, 4 orang mutasi tempat keberangkatan. Maka jumlah keseluruhan 221 CJH terdiri dari
92 orang jamaah pria dan 129 orang jamaah wanita”

“Sementara calon jamaah haji termuda Bram Siska Alpandi berumur 26 tahun berasal dari Sukadana Udik RT 01 RW 01 dan Usia tertua atas nama Sutirah Abdul Wahab Mat Idris warga Dusun I Sukamaju RT 02 RW 01” terangnya.

Dikesempatan tersebut Bupati Lampung Utara H.Budi Utomo,SE.,M.M., menyampaikan pentingnya manasik haji.

“Dalam manasik haji,calon jamaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji”

“Selain itu, para calon jamaah haji juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumroh, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci” Pungkas Budi Utomo.

Terlihat hadir Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Lampung H.Akhor Wiwid Sudiono.S.ag.M.M. Kapolres Lampung Utara AKBP. Kurniawan Ismail.,SH.,SIK.,MIK., Ketua MUI Lampung Utara KH.Noer Komarudin.,SH.,MH.

Di kesempatan yang sama Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Lampung Utara H.Feryza Agung.S.Sos.MM.,

“Ini adalah manasik pertama yang digelar kemenag Lampung utara setelah dua tahun tidak ada pelaksanaan ibadah haji, akibat pandemi Covid-19”

“Kegiatan manasik juga akan diselenggarakan ditingkat kecamatan oleh KUA setempat Selama 4 hari terbagi kedalam 4 zonal, zona 1 Kotabumi kota zona 2 Kotabumi Selatan Zona 3 bungamayang dan zona 4 Bukit kemuning sebagai tuan rumah penyelenggaraan, mulai tanggal 30 mei berakhir 3 juni 2022” jelasnya

“Seluruh calon jamaah haji yang akan diberangkatkan ke “Tanah Suci” juga wajib melengkapi dokumen yang diperlukan serta menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar”

Kemenag Lampung Utara dan Dinas kesehatan terus berkoordinasi untuk melengkapi vaksin, baik Meningitis maupun Covid-19 bagi calon jamaah haji yang belum divaksin.(ADVETORIAL)