Daftar MOU Media Melalui SIKEPLU di Lampura Yang Lengkap Bersarat Sebanyak 349 dari 368 Permohonan.

55

Lampung Utara,– Proses pemeriksaan dan verifikasi berkas administrasi perusahaan media dalam rangka pelaksanaan program kerjasama Momorandum of Understanding (MoU) melalui aplikasi Sistem Kerjasama Pemerintah Daeah Lampung Utara (SIKEPLU) telah dirampungkan sesuai jadwal tahapan.


Hasilnya, dari 368 media yang mengajukan permohonan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Utara melalui aplikasi online SIKEPLU, 19 media dinyatakan lengkap dan memenuhi persyaratan untuk bekerjasama. Sisanya, sebanyak 349 media harus memperbaiki dan melengkapi berkas pesrsyaratan melalui aplikasi tersebut.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Lampung Utara Doni Ferwari Fahmy, S.E., M.M., melalui Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Firmansyah, S.E., M.M., menjelaskan, bagi media yang belum memenuhi persyarakat untuk bekerjasama diberikan waktu empat hari untuk memperbaiki berkas secara online, terhitung sejak 29 Maret – 01 April 2022.
“Untuk media yang dinyatakan belum dapat bekerjasama oleh aplikasi SIKEPLU tersebut masih diberikan waktu untuk memperbaiki berkasnya. Berkas perbaikan harus di upload ulang melalui akun masing-masing pada saat mendaftar lewat aplikasi,” katanya di ruang kerjanya, Senin (28/03/2022).


Dia mengungkpakn, hasil verifikasi diketahui masih banyak terjadi kesahlaha dari pihak media dalam melakukan upload berkas. Di antaranya, kesalahan media dalam mengupload berkas sesuai yang diminta pada sistem aplikasi, Nomor Induk Berusaha (NIB) tidak lengkap dan tidak sesuai dengan jenis usaha yang diajukan dalam kerjasama.


Kemudian, sambung Kabid Infokom, ada juga proposal kerjasama yang diajukan media tidak ditujukan ke Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, nama Kabiro tidak sesuai dengan di boks redaksi, hingga lokasi kantor domisili biro tidak berada di Lampung Utara. Bahkan ada juga ditemukan situs web media yang mengajukan kerjasama tidak bisa di akses.


“Nah untuk proposal kerjasama tidak boleh ditandatangani kepala biro, tetapi harus ditandatangani pemilik perusahaan atau minimal pemimpin redaksi. Selain itu, alamat tempat tinggal kepala biro juga harus di Lampung Utara yang dibuktikan dengan upload KTP,” ungkapnya.


Untu itu, Kabid Infokom meminta agar pihak media segera melengkapi berkas sesuai yang diminta sistem aplikasi SIKEPLU. Hal ini mengingat waktu untuk perbaikan berkas hanya selama empat hari.
“Karena setelah masaa perbaikan berkas ini sudah berakhir, akan dilakukan verifikasi ulang terhadap berkas perbaikan media tersebut. Setelah perbaikan ini, bagi mendia yang kembali dinyatakan ditolak, artinya media tersebut harus bisa maklum karena tidak bisa bekerjasama karena tidak memenuhi persyaratan administrasi. Nanti pengumuman finalnya tgl 11 April 2022,” tandas Kabid Infokom.

Ketentuan Berkas Persyaratan Administrasi:
KTP Kabiro harus berdomisili di Lampung Utara.


Nama dan Jabatan dalam Surat Tugas Kepala Biro Harus Sama dengan yang Tercantum di Boks Redaksi.Jenis usaha pada Pasal 3 Akta Perusahaan harus sesuai dengan jenis media massa yang diajukan dalam kerjasama.Identitas Penanggung Jawab yang diupload harus KTP.


Surat Tugas Kepala Biro Harus di Cap dan Ditandatangani oleh Pimpinan Perusahaan atau minimal Pimpinan Redaksi.Surat Permohonan Kerjasama harus di Cap dan ditandatangani Pemilik Perusahaan atau minimal Pimpinan Redaksi.


NIB Harus menerangkan Nama PT dan Jenis Usahanya. Jika Belum Ada NIB, Upload Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) , Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) Sesuai Dengan Jenis Usaha.


NPWP harus atas nama perusahaan.
SPT Tahun Terakhir Minimal Pelaporan Pada Tahun 2021.Surat Domisili Kantor Biro Harus di Lampung Utara dan diketahui oleh Lurah atau Kades.(*)