Miris 3 Keluarga Pekon Tanjung Jati Menempati Rumah Kumuh Dan Tak Layak

52

Tanggamus,-Memiliki sebuah rumah yang layak huni adalah impian setiap orang,Rumah adalah salah satu kebutuhan yang sangat mendasar,(Home Needs) setelah sandang,pangan dan rumah Menjadi kebutuhan Primer bagi setiap orang.

Begitu pentingnya sebuah rumah bagi sebuah keluarga ,rumah juga dapat dikategorikan sebagai tatanan keutuhan sebuah keluarga ,dimana ,dari rumah dalam rumah lah segala rencana masa depan sebuah keluarga di gagas dan di diskusikan.

Rumah tempat berkumpul dan berdiskusi, tempat belajar dan bersenda gurau antar anggota keluarga serta sering dijadikan tempat menunaikan ibadah kepada Allah Sang Khalik.

Bisa dibayangkan seandainya sebuah keluarga tidak memiliki rumah, betapa menyedihkan dan sudah tentu akan sangat jarang akan terjadi diskusi antar keluarga. dan Rumah adalah tatanan kehormatan bagi sebuah keluarga yang sangat nampak dimata umum.

Memiliki rumah seperti itu sangatlah didambakan oleh Bapak Muhidin Pekon Tanjung Jati. Dimana rumah yang Bapak Muhidin tempati saat ini jauh dari kata layak dan sangat tidak sehat.
Bapak Muhidin kesehariannya adalah seorang buruh tani yang sedikit memiliki keterbatasan kemampuan dalam berfikir . sangatlah sulit bagi untuk dapat mewujudkan dan membangun sebuah rumah.

Begitu juga yang dialami oleh Bapak Amirsyah.
keadaan rumah kedua keluarga ini sangatlah memperihatinkan, rumah sudah lapuk dengan atap bocor dimana – mana.

Terlebih keluarga Bapak Patulloh menumpang dirumah kosong milik masyarakat yang tidak di tempati pemiliknya

Keluarga Patulloh Menumpang di rumah warga yang kosong ,meskipun saat ini telah memiliki tanah untuk membangun rumah ,namun karena keadaan ekonomi ,hal inilah yang membuat Bapak Patulloh belum mampu membangun rumah untuk keluarga nya.”Kami baru bisa ngumpul sedikit demi sedikit ,kayu dan sedikit material lainnya ,ucap Patulloh.

Ketika media menyambangi ketiga keluarga ini ,Ahmad Sukri warga Pekon Tanjung Jati menuturkan ,” Disini peran Pemerintah di butuhkan ,Pemerintah harus hadir untuk keluarga yang seperti ini sesuai dengan amanat UU tentang Penanganan Fakir Miskin “.ucapnya.

Di sisi lain ,Ketua LPM Pekon Tanjung Jati menuturkan ,”Sebagai LPM Pekon Tanjung Jati ,kami sangat mengharapkan peran Pemerintah dalam hal mensukseskan program bedah rumah ini.karena ini menyangkut harkat sosial dan dengan program ini , diharapkan dapat mensukseskan program Tanggamus bebas Stunting “.tutup Aswaruddin Ketua LPM Pekon Tanjung Jati.

Melalui pesan WhatsApp ,Kepala Pekon Tanjung Jati ,Ibu Asiah menjelaskan ,” Kami Pemerintah Pekon Tanjung Jati sudah mengusulkan Bantuan Bedah Rumah ke Dinas PU PR Kabupaten Tanggamus untuk warga Pekon Tanjung Jati ,termasuk untuk ketiga warga kami yang disebutkan tadi ,kami sangat mengharapkan direalisasikannya Program Bedah Rumah untuk warga kami yang telah kami usulkan “.tutup Ibu Asiah , Kepala Pekon Tanjung Jati.(Wan)