Sebanyak 150 Dosis Vaksin Jenis Astrazeneca Expired, Ini Kata Dinkes Erla Andrianti

76

Kota Metro– Dinas Kesehatan Kota Metro mencatat sebanyak 150 dosis vaksin jenis astrazeneca mengalami masa kedaluwarsa (Expired) pada 28 Februari 2022 kemarin.

“Kita menunggu aturannya, tidak banyak maksimal 200 dosis. Namun, kemarin saya menanyakan ke staf terdapat 150 dosis vaksin jenis merk astrazeneca saja, yang mengalami expired pada tanggal 28 februari 2022 kemarin,” Kata Erla Andrianti kepada sejumlah wartawan usai mengikuti rapat evaluasi Covid 19 di aula Pemkot Metro, Selasa, (01/03/2022).

Menurutnya, pihaknya saat ini masih menunggu informasi dan petunjuk dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

“Kita masih tunggu arahan dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Untuk dosis vaksin jenis astrazeneca yang mengalami expired masih kita simpan di gudang Dinas Kesehatan,” ungkapnya.

Lanjutnya, Untuk saat ini belum ada stok vaksin datang yang baru. Kita masih bersama-sama kolaborasi dengan Kodim 0411/KM dan Polres Metro.

Selain itu, Erla Andrianti Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro menyampaikan ketersediaan Oksigen dan Bed Occupation Rate (Bor) tercukupi dan terpenuhi.

“Alhamdulillah, Bed sudah tercukupi. Bor kita secara total berjumlah sekitar 20 % persen lebih sedikit. Tentunya, itu sudah memadai jumlah tempat tidurnya. Dan untuk oksigen juga tidak ada masalah. Saat ini Rumah Sakit Ahmad Yani Kota Metro sudah memiliki central oksigen,” tandasnya.(Pakri)