DPC KWI Lampura Rapat Kinerja dan HPN Pebruari 2022.

49

Lampung Utara,-Sejumlah awak media, baik cetak, online maupun elektronik yang bernaung di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Komite Wartawan Indonesia kabupaten Lampung Utara (Lampura) menggelar rapat koordinasi terkait pelaksanaan perayaan Hari Pers Nasional (HPN) yang secara nasional akan digelar 9 Februari 2022 Kendari, Sulawesi Tenggara.

Namun karena tidak semua wartawan di Lampura akan pergi atau merayakan HPN di Kendari, gabungan organisasi atau aliansi wartawan di wilayah itu akan mengelar HPN di ibukota di Kabupaten Lampung Utara yang rencananya akan digelar pada 14 Februari 2022.

Menyikapi hal tersebut, Deferi Zan, SE selaku ketua DPC KWI mengajak ‘urun rembug’ anggotanya bagaimana caranya agar HPN tingkat kabupaten itu dapat berjalan meriah dan sukses. Acara Rakor tersebut digelar di Sekretariat DPC KWI, Senin (31/01/2022).

“HPN itu bukan milik salah satu organisasi wartawan saja, siapa saja yang merasa dan bekerja sebagai insan pers, boleh ikut merayakan,” tegas bung Def panggilan akrabnya.

Dihadapan koleganya yang notabene adalah insan pers, Deferi mengatakan selama ini ada ansumsi bahwa HPN itu hanya milik atau dirayakan oleh salah satu organisasi wartawan saja, padahal HPN adalah hari rayanya semua wartawan.

“HPN itu hari raya kita semua, tak satupun yang boleh mengklaim bahwa HPN milik suatu aliansi atau organisasi wartawan tertentu. Yang merasa wartawan atau insan pers mempunyai hak yang sama untuk merayakan. Namun yang jadi masalah karena sesuatu dan lain hal, tidak semua bisa berangkat Kendari,” papar Deferi yang juga owner Gerbang Sumatera 88 itu.

Oleh karena itu, lanjut Deferi dia dan beberapa organisasi wartawan lainnya di kabupaten beberapa waktu yang lalu sepakat menggelar HPN tingkat kabupaten.

“Ayo sama sama kita pikirkan bagaimana acara ini dapat terlaksana dengan baik dan sukses. Apa yang dapat kita lakukan agar acara ini sukses,” tegas Deferi menyemangati anggota nya.

Selain membahas rencana kegiatan HPN Deferi yang di daulat oleh sejumlah aliansi wartawan sebagai Bendahara di Panitia HPN tersebut, juga mengajak anggota nya agar kompak dan solid, sehingga DPC KWI Lampura dapat menjadi salah satu aliansi wartawan yang di segani.

“Ulang tahun HPN ini kita jadikan momentum untuk terus berkarya, tentu dengan tulisan dan berita yang obyektif lagi berimbang. Memberikan informasi yang bersifat edukasi, bukan membenci apalagi mencari cari kesalahan,” jelas nya lebih jauh.

Diakhir acara, Deferi kembali menegaskan agar semua wartawan yang tergabung di DPC KWI dapat hadir dan menyukseskan acara HPN.

“Mari rekan rekan, kita sukses kan HPN ini, ini adalah ulang tahun profesi kita, bukan ulang tahun organisasi wartawan, siapa yang merasa insan pers wajib turut serta menyukseskan,” pungkas nya.

Tampak hadir di acara itu, Heriyanto selaku Wakil Ketua DPC KWI, Zainal Asikin sebagai Sekertaris dan belasan anggota KWI.(Heriyanto/Fijay)