SD IT Aisyah dan Warga Bukitkemuning Giat Bergotong Royong

99

LAMPUNG UTARA- SD IT Aisyah Bukitkemuning bersama dengan warga RT 04 RW 04 Lingkungan 3 Kelurahan Bukitkemuning Kecamatan Bukitkemuning Kabupaten Lampung Utara (Lampura) melaksanakan gotong-royong pembangunan gotong gorong atau yang lazim di sebut ‘got’ simpang tiga Bhakti Karya Lingkungan 3 kelurahan Bukitkemuning, Minggu (30/01/2022).

Kegiatan gotong-royong difokuskan untuk membuat dan membersihkan drainase/got dari timbunan tanah, sampah dan rumput yang mengakibatkan aliran air tidak lancar saat hujan juga untuk memperlebar got yang sebelumnya lebar hanya 4 meter menjadi 6 meter. Kegiatan gotong royong dihadiri oleh Ibrahim Haji, S.IP selaku Sekretaris Kelurahan setempat.

Menurut keterangan Nurhani (62) ketua panitia kegiatan tersebut yang juga ketua RT dana berasal dari sumbangan wali murid SD IT Aisyah dan warga sekitar.

“Kita di sini bersama-sama bahu-membahu dan bergotong-royong untuk kepentingan bersama, kebetulan di bawah sana ada sekolah SD dan warga sekitar juga lewat sini,” ujar Nurhani.

Ia mengatakan selama ini pertigaan atau simpang tiga yang dibawahnya ada gorong gorong selain sudah rusak parah juga sempit sehingga dikhawatirkan akan rawan kecelakaan.

” Kalo selama ini, pertigaan sempit dan sudah rusak, untuk mencegah terjadinya luapan air di saat musim penghujan seperti saat ini dan Lakalantas, kami bermusyawarah beberapa hari yang lalu untuk merencanakan perbaikan dan  Alhamdulillah, hari ini terlaksana berkat bantuan dari SD IT Aisyah dan sumbangsih warga baik material maupun tenaga,” papar Nurhani lebih lanjut.

Meski tidak merinci kebutuhan dan dana yang di dapat dari sumbangan warga, Nurhani memastikan material yang terkumpul lebih dari cukup bahkan ibu ibu di sekitar kegiatan tersebut dengan sukarela masak untuk peserta gotong royong yang di perkirakan tidak kurang dari 100 orang.

Hal senada juga dikatakan oleh Ibrahim Haji,  kegiatan tersebut disamping memang mengatasi hal tersebut diatas, kegiatan ini untuk membangkitkan dan membangun kembali semangat gotong-royong dalam masyarakat sebagai upaya penguatan integritas sosial menuju masyarakat sejahtera, adil dan guyub.

“Gotong-royong ini, selain dapat menumbuhkan kebersamaan dan hubungan emosional bersama warga, juga dapat mewujudkan sinegritas pemerintah dengan masyarakat,” ujar Ibrahim.

Ia juga menuturkan, perlunya kesadaran bersama dalam menjaga lingkungan tetap bersih dan asri. Tanggung jawab kebersihan dan perbaikan gorong-gorong seperti yang sedang di laksanakan.

“Dengan adanya kegiatan gotong-royong ini akan terjalin kebersamaan yang harmonis antara Pemerintah dan warganya. Karena hasil dari gotong royong ini di nikmati bersama dan dikerjakan bersama serta untuk kepentingan bersama,” pungkasnya.(Heriyanto)