Pembukaan Festival Nyambi Tahun 2021 di Lampung Utara.

42

Lampung Barat,-Pembukaan Festival Nyambai tahun 2021 yang diikuti oleh 48 grup nyambai berlangsung dengan meriah, pembukaan festival yang berlangsung di Taman Kota Liwa Berbunga Kecamatan Balik Bukit tersebut di tandai dengan pemukulan gamelang Pekhing oleh Bupati Lampung Barat dan Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin, bertempat Selasa(21/12/2021).

saat ini seni dan budaya asli Lampung yaitu nyambai yang pada tahun-tahun lalu sudah hampir dilupakan oleh generasi muda di Kabupaten Lambar.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Daerah mengusung pitu program unggulan yang salah satunya merupakan sebuah komitmen dalam menjaga dan melestarikan adat dan budaya yang ada di Lampung barat yaitu Program kedua penataan kota liwa sebagai kota budaya.

Tentu merupakan suatu kebanggaan atas capaian dari program tersebut, dimana masyarakat di Kabupaten Lampung Barat khususnya ibu-ibu saat ini begitu bersemangat untuk melestarikan seni budaya nyambai serta semakin semaraknya berbagai kegiatan seni dan budaya Lampung di Lampung Barat ini.

“Berbagai kesenian dan budaya Lampung harus dilestarikan dan dipertahankan, sehingga generasi muda saat ini akan mengetahui bahwa kita memiliki khasanah seni dan budaya yang patut untuk dipertahankan keberadaannya”.

terimakasih kasih kepada yang telah mengikuti kegiatan festival nyambai tahun 2021 dalam rangka melestarikan salah satu seni budaya khas Lambar.(*/Budi)