AJO Indonesia Gelar Seminar Stop Bully Dan Pelatihan Jurnalistik Tingkat SMA

34

PESISIR BARAT -Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia Kabupaten Pesisir Barat akan mengadakan pelatihan dasar jurnalistik dan seminar stop bullying (Perundungan) yang mengusung tema ‘say no to bullying ayo berprestasi’ dengan peserta siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kabupaten Pesisir Barat.Selasa,(21/12/2021).

Kegiatan tersebut rencananya akan di selenggarakan pada Rabu 22 Desember 2021 selama satu hari di gedung STIT Al-Multazam, Pekon Rawas, Kecamatan Pesisir Tengah.

Adapun Pemateri seminar tersebut akan diisi oleh Ketua Komnas Perlindungan Anak Provinsi Lampung Bidang Pemenuhan Hak Anak dan Direktur Lembaga Pemerhati Hak Perempuan dan Anak Toni Fisher.

Kemudian Perwakilan Polres Lampung Barat Ipda Wahyu Fajar Dinata, sebagai pemateri yang akan menyampaikan upaya tindakan dan hukum bagi pelaku bullying.
Serta perwakilan dari DPC AJO-Indonesia Pesisir Barat Enrico Ngantung, kontributor dari MNC Groups sebagai pemateri pelatihan dasar jurnalistik.

Ketua Pelaksana Kegiatan, sekaligus Ketua harian DPC AJO Indonesia Pesisir Barat Tri Sutrisno menjelaskan kegiatan tersebut merupakan sebuah upaya dalam membantu pemerintah mencegah serta meminimalisir terjadinya perundungan terhadap anak-anak.


“Artinya kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi hadirnya DPC AJO Indonesia Pesisir Barat dalam memperjuangkan hak-hak anak,” ungkap Tri saat di mintai keterangan, Selasa, (21/12/2021).
Ia juga berharap dengan diadakannya seminar tolak bully, kedepan tidak ada lagi praktek bullying apalagi pelecehan seksual ataupun kekerasan fisik terhadap anak-anak.


“Juga sebagai bentuk dukungan kita terhadap Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dalam menyukseskan program Kabupaten Layak Anak (KLA),” tandasnya.
Ditempat yang sama Ketua DPC AJO-Indonesia Pesisir Barat Yon Fishoma juga mengungkapkan selain seminar stop bullying kegiatan tersebut juga akan diwarnai dengan pelatihan dasar jurnalistik yang bertujuan untuk memperkenalkan dunia jurnalistik bagi siswa/i di Kabupaten Pesisir Barat.


“Kegiatan tersebut sebagai peran DPC AJO Indonesia dalam mencerdaskan anak bangsa khususnya di Kabupten Pesisir Barat melalui pelatihan dan pengenalan dunia jurnalistik khususnya dalam bidang tulis menulis agar generasi muda mampu membangun daya kritis serta nalar bagi pelajar dan masyarakat dalam membaca realitas kehidupan yang nantinya diharapakan akan mampu membantu pemerintah dalam mewujudkan kabupaten pesisir barat menjadi masyarakat yang sejahtera,” jelasnya.


Selain itu Yon Fishoma juga menambahkan kegiatan tersebut diharapkan dapat membekali siswa/i sekolah menengah atas dibidang jurnalistik terlebih wawasan dan bahaya media sosial.


“Sehingga dapat mendorong para siswa dan siswi untuk berfikir kritis kreatif, dan mandiri serta mampu membantu mempublikasikan destinasi wisata di Negeri Para sai batin dan Ulama yang tercinta ini,” pungkasnya. (Anton)