Cegah Aksi Terorisme Jelang Nataru, Satuan Samapta Polres Tulang Bawang Gelar Patroli dan Pam

30

Tuba,-Guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat beragama yang sedang beribadah, Satuan Samapta Polres Tulang Bawang menggelar patroli dan pengamanan (pam) di rumah ibadah menjelang natal dan tahun baru (Nataru).

Kegiatan patroli dan pam tersebut dilaksanakan hari Minggu (19/12/2021), pukul 09.00 WIB s/d pukul 12.00 WIB, di seluruh gereja yang berada di wilayah hukum Polres Tulang Bawang.

“Setiap hari minggu pagi, petugas kami rutin menggelar patroli dan pam di seluruh gereja yang berada di wilayah hukum Polres Tulang Bawang,” ucap Kasat Samapta, Iptu Samsul Bahri, S.AP, mewakili Kapolres Tulang Bawang, AKBP Hujra Soumena, SIK, MH.

Pam gereja ini, lanjut Iptu Samsul, sebagai bentuk kehadiran Polri berseragam dinas di rumah ibadah sehingga umat kristiani dapat khusyuk menjalankan ibadah tanpa rasa was-was akan adanya aksi terorisme oleh kelompok yang tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan agama.

Kasat menjelaskan, sebelum berangkat, seluruh petugas yang terlibat langsung dalam kegiatan patroli dan pam gereja ini terlebih dahulu diberikan APP yang jelas, sehingga petugas dapat mengerti dan faham akan tugas serta tanggung jawabnya.

“Jangan pernah under estimate dalam melaksanakan tugas, lebih baik capek satu hari karena serius dan bersungguh-sungguh dalam berdinas dari pada capek berhari-hari karena kecerobohan sehingga terjadi aksi terorisme di gereja,” jelas Iptu Samsul.

Ia menambahkan, dalam melakukan kegiatan tersebut, tak lupa petugas kami memberikan imbauan kepada seluruh jemaat gereja untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang berlaku, apalagi saat ini varian baru Covid-19 yang bernama omicron diketahui telah masuk ke Indonesia. (*)