Terkait Sangahan Kadis Kominfo di Media FFI,diduga Langgar Etika Jurnalis

65

Lampung Utara – Terkait adanya pemberitaan di media Fajarfokusinformasi.com klarifikasi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Lampung Utara, tentang pemberitaan yang dimuat di media Gerbang Indonesia88 dan Gerbang Sumatera88, mendapat tanggapan yang dari media yang bersangkutan, Jumat (16/12/2021)

Hal tersebut berkaitan dengan klarifikasi yang diberikan oleh Kadis Kominfo Doni Ferwari Fahmi, yang memberikan sanggahan di media Fajarfokusinformasi.com tentang pemberitaan di media GI88 dan GS88.

Dalam media FFI tertulis sanggahan Doni yang berbunyi sangat di sayangkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Lampung Utara ,” kata Doni F. Fahmi, Jumat (17/12/2021).

Menurut Kadis Kominfo dengan sapaan akrabnya Bung Doni ,dalam sebuah berita GI 88 dan GS 88,tidak mengabarkan objek dan subjek yang sebenarnya dan tidak sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik (K.E.J)

Selain itu disinggung juga oleh Doni pada media FFI dengan kata-kata ngakunya profesional, ngaku sudah UKW” tapi tidak sesuai dengan pelaksanaan Kode Etik Jurnalistik (K.E.J),” gram Doni. (Dilansir dari media fajarfokusinformasi.com)

Dari beberapa sanggahan yang diberikan oleh Doni kepada media FFI tersebut mendapat tanggapan dari pimpinan media GI88 dan GS88.

Deferi Zan Pimpinan GS88 memberikan tanggapan “alangkah baiknya Bapak Kadis memberikan klarifikasi ke kami, dan hubungi kami setelah mendapatkan link berita tersebut, dan jelas tercantum di box redaksi nomor telpon redaksi,” jelasnya.

Tidak hanya itu, ia juga menambahkan bahwa sempat mencoba menghubungi Kadis Kominfo melalui telpon dan WhatsApp namun nomor telpon tersebut tidak aktif.

Begitu juga sama yang dilakukan oleh pihak GI88, Shanti menjelaskan bahwa sudah mencoba menghubungi Kadis Kominfo tersebut via telpon namun nomor yang dihubungi sedang memblokir semua panggilan.

“Saya sudah coba hubungi Bapak Doni Kadis Kominfo, namun nomor tersebut sedang memblokir semua panggilan, kemungkinan sedang ada privasi atau gimana saya juga tidak tahu,” katanya.

Ditambahkan olehnya, terkait adanya pemberitaan yang membawa nama GI88 dan GS88 di media fajarfokusinformasi.com tersebut, “alangkah baiknya juga pihak FFI menghubungi kami GI88 dan GS88, untuk menanyakan terkait kebenaran atau alasan kami menulis berita tersebut,” ujar Shanti.

Saat disinggung oleh Shanti kepada Deferi Zan apakah pihak FFI menghubungi atau tidak? Deferi Zan menegaskan bahwa pihak FFI sampai sekarang belum ada yang menghubungi baik itu GI88 ataupun GS88.

Bersimpangan dengan itu, pihak GI88 dan GS88 meminta maaf kepada Kepala Dinas Kominfo Lampung Utara, Doni Ferwari Fahmi apabila ada tulisan yang sudah menyinggung dan mengganggu secara pribadi ataupun profesinya, dalam berita yang telah dimuat di media GI88 dan GS88.(Lisa)