Home / ADVERTORIAL / HEADLINE / MESUJI

Senin, 22 November 2021 - 16:00 WIB

Lantik 57 Kades, Saply Ingatkan Kades Tak Hanyut dalam Euforia

GERBANGSUMATERA88.ID,-Bupati Mesuji Saply TH melantik dan mengambil sumpah jabatan kepada 57 kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala desa serentak yang digelar 1 November lalu.

Saat Pelantikan

Acara tersebut digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Taman Kehati, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, Kamis (18/11/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Saply mengatakan berbagai tahapan-tahapan pilkades yang dilalui merupakan sebagai sebuah perwujudan demokrasi masyarakat desa yang telah dilaksanakan dengan tertib, baik, dan aman.

“Untuk itu, saya mengajak kepada kepala desa terpilih, tidak hanyut pada euforia kemenangan saja. Akan tetapi, untuk segera mempelajari aturan-aturan hukum yang terkait dengan pelaksanaan tugas sebagai kepala desa,” ucapnya.

BACA JUGA |  Bupati Do'a Bersama Menjelang Pemilu

Dengan demikian, kepala desa dapat melaksanakan tugas, dengan mengacu RPJMDes, yang memuat visi-misi, tujuan, strategi, kebijakan dan program, serta dilaksanakan secara partisipatif melibatkan lembaga kemasyarakatan dengan disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan.

Selain itu, dikatakan Saply, pemerintah desa sebagai unsur terdepan yang harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, efektif, dan efisien, serta mempunyai kedudukan dan peran yang sangat penting.

BACA JUGA |  Pelaku Curas Diamankan Polres Lampura

Lanjutnya, seiring perkembangan teknologi dan juga dinamika dalam pelaksanaan otonomi daerah, pemerintah desa dituntut untuk lebih aspiratif, kreatif, inovatif dan cepat tanggap terhadap perkembangan situasi serta kondisi dalam kehidupan masyarakat. Pemerintah desa menjadi salah satu pilar kokohnya penyelenggaraan otonomi daerah.

“Dengan demikian, keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah sangat ditentukan pula oleh keberhasilan kepemimpinan kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa,” pungkasnya. (ADV)

Share :

Baca Juga

HEADLINE

Bupati Muba Salurkan Hak Pilih di TPS 45 Kelurahan Balai Agung

HEADLINE

Kejari Tanggamus Gelar Sertijab Kasi Pidum

HEADLINE

Pemkab Muba Bangun Rumah Sri Gitarja Korban Kebakaran

HEADLINE

Bupati Tanggamus Tinjau Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

BANDAR LAMPUNG

Wartawan Profesional Beri Penghargaan Kepada Gubernur Ridho Sebagai Tokoh Pembangunan Lampung

HEADLINE

Media Centre kominfo Muba Siap bersinergi dan Dukung Terbitnya Majalah GPR News

HEADLINE

TMMD KE-104 TH.2019 Wilayah Kodim 0427 Way Kanan Dibuka

HEADLINE

Polsek Sungkai Selatan Berikan Bantuan Akibat Banjir