Wakil Bupati Lombok Utara Serahkan Bantuan Rumah untuk Inaq Kar

31

Lombok Barat,-Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto Ridawan, ST., M.Eng menyerahkan bantuan rumah program dari Dinas Sosial Kabupaten Lombok Utara (Dinsos KLU), untuk lansia terlantar atas nama Inaq Kar yang beralamat di Dusun Tebanyak Desa Tegal Maja Kecamatan Tanjung, Jum’at (29/10/2021).

Melalui kesempatan baik itu, Wakil Bupati (Wabup) menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam membantu peroses pembangunan rumah layak huni untuk Inaq Kar.

“Ini adalah respon cepat,” apresiasi Wabup kepada pihak Dinsos serta para Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Lombok Utara.

Wabup menilai, kepedulian dan kepekaan dari masyarakat saat ini sangatlah penting sebagai bahan informasi bagi pemerintah daerah untuk ditindaklanjuti kembali. Kedepan Danny berharap, seluruh masyarakat dapat bersinergi dengan pemerintah untuk melakukan hal serupa agar masyarakat yang terbantu lebih banyak lagi.

“Saya yakin dengan gotong-royong semakin banyak saudara kita yang bisa kita intervensi,” pungkas Wabup.

Menanggapi persoalan seperti Inak Kar, Wabup menyebut hal itu sebagai PR bersama. Artinya tidak hanya dibebankan kepada pemerintah daerah, baik level kabupaten, tetapi juga kecamatan, desa sampai dengan RT memiliki tanggung jawab yang sama dalam membantu masyarakat.

“Sekali lagi, bagaimana kita gotong-royong dengan kerbatasan anggaran dan lain-lain, saya yakin dengan sistem yang kita coba bangun kita bisa mensupport lebih banyak orang,” kata Wabup.

Kedepan, atas nama pemerintah daerah Danny menyampaikan akan
merancang regulasi untuk mengcover para lansia terlantar, disabilitas serta anak yatim-piatu yang tidak mampu bekerja.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial KLU Fathurrahman, S.ST., saat mendampingi Wabup menjelaskan, pembangunan rumah yang dilakukan pihaknya itu adalah bentuk respon pemerintah daerah atas informasi yang disampaikan oleh tim Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan para Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Lombok Utara.

“Biasanya mereka menemukan persoalan-persoalan seperti ini, segera kita tindaklanjuti melalui tim respon cepat yang sudah kita bentuk di Dinas Sosial Lombok Utara,” terangnya.

Lebih jauh Fathurrahman mengatakan, bantuan rumah yang dianggarkan melalui Biaya Tidak Terduga (BTT) itu, khusus menyasar lansia yang tidak mempunyai keluarga dan anak yatim-piatu terlantar.

“Anggarannya ada di Dispenda (BKAD_red) nanti pengusulannya melalui Dinas Sosial,” imbuhnya.

Di akhir kunjungannya bersama Wabup, Fathurrahman berharap kepada Pemerintah Desa Tegal Maja, agar bisa gotong-royong membantu Inaq Kar untuk sekedar pembuatan jamban.(Yoan Kominfo)