Ketua Tim Penggerak PKK Lamtim Penanaman Pohon Mangrove.

58

PASIRSAKTI -Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Timur Yus Bariah Dawam menyebut penanaman pohon mangrove merupakan bagian dari pelestarian alam. Alam yang terjaga menurut dia, dapat meningkatkan potensi wisata.


“Potensi alam sebagai bagian dari wisata. Pariwisata selalu berkaitan dengan lingkungan, tak ada wisata jika lingkungan rusak,” ujarnya.


Untuk itu, kata dia penanaman pohon mangrove ini bukan saja menjaga kelestarian lingkungan, namun juga dapat berdampak secara ekonomi.

Hal itu diungkapkannya saat mendampingi kunjungan kerja Senator Lampung dr. Jihan Nurlela guna menanam pohon mangrove, Minggu (24/10/2021).

Penanaman pohon mangrove ini berlangsung di Desa Labuhan Ratu, Kecamatan Pasir Sakti, Lampung Timur.


Penanaman mangrove ini merupakan aksi peduli lingkungan, dengan tema ‘Hijaunya alam Nusantara Mempersatukan anak bangsa.’ Adapun tema khusus penanaman pohon mangrove ini ‘Mageri Segoro’ yang bermakna memagari lautan dengan pohon mangrove.

Senada dengan Ketua TP PKK Lampung Timur Yus Bariah Dawam, Senator Lampung dr. Jihan Nurlela juga menyebutkan bahwa
“Kenapa penting menanam mangrove? karena 20 persen tanaman mangrove di dunia adalah milik Indonesia. Jadi kita semua patut bangga dan harus turut melestarikannya. Karena apa? Tanaman mangrove juga mengurangi emisi karbon. Menjaga kualitas udara di sekitar kita, agar menyerap emisi karbon di sekitar kita,” kata senator Jihan.


Selain itu, terusnya hutan mangrove juga dapat menjaga ekosistem agar tidak abrasi. Penyerapan emisi gas karbon menjadi lebih maksimal karena mangrove memiliki sistem akar napas dan keunikan struktur tumbuhan pantai.


Hutan mangrove pun belakangan berdampak secara ekonomi bagi warga sekitar sebagai daerah tujuan wisata. (Kominfolamtim)