Puskesmas Kerjasama Dengan Dinas Kesehatan Vaksinasi di Wonogiri.

33

Lampung Utara – Vaksinasi tahap pertama yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara,dilaksanakan oleh Puskesmas wonogori I, Selasa (19/10/2021).

Dewi Sri SKM. M. Kes.,selaku ketua tim vaksinasi menjelaskan bahwa, ada sekitar 300 kuota untuk dosis pertama dengan menggunakan vaksin jenis Astra Zeneca, sesuai dengan jumlah vaksin yang ada di puskesmas wonogiri.

“Pendistribusian vaksin merupakan kewenangan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung utara,dimana kami hanya menerima sesuai dengan ketentuan,”kata Dewi.

Namun,ada sebagian masyarakat yang ragu dengan vaksin ini. Oleh sebab itu, sebelum melakukan vaksinasi kami melakukan penyuluhan terlebih dahulu agar sasaran lebih yakin dan merasa aman untuk mengikuti vaksin.

Selain itu, dalam proses kegiatan petugas tetap memberikan penyuluhan,mengedukasi perorangan di sela kegiatan vaksin, ” mungkin karena kami berada di perkotaan dan penduduk nya sudah membaur, tidak sulit untuk menyampaikan hal itu,”tambahnya.

Pandemi ini menjadi masalah untuk kita bersama, dimana semua wilayah warga mengalami dampak tersebut, selama vaksin dan logistik kita tersedia kita akan layani, vaksin tidak berbatas wilayah dimana pun semua warga bisa datang ke kami untuk vaksin tertentu dengan syarat dan ketentuan yang sudah ada.

Lanjutnya Vaksinasi bisa dilakukan dengan syarat tidak mempunyai riwayat medis, alegi obat, gagal ginjal, darah tinggi. Itupun masih tetap disarankan untuk konsul ke dokter yg selama ini menangani penyakitnya layak atau tidak untuk di vaksin dari sudut pandang medis.

“Untuk astra zeneca ini dosis ke 2 insyaallah 3 bulan ke depan, vaksin ke 2 nya tetap kita sarankan ke tempat kita tapi jika tidak memungkinkan karena lain dan suatu hal bisa difaskes lain,”pungkasnya.(Vivi/Lisa)