Bunda PAUD Kecamatan dan Desa Dikukuhkan, ini Pesan Bupati Lombok Utara dan Bunda PAUD Kabupaten Lombok Utara

38

KLU, Tanjung – Bunda Paud Kecamatan dan Desa di Kabupaten Lombok Utara dikukuhkan oleh Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH., bersama Bunda PAUD Kabupaten Lombok Utara Dra. Hj. Galuh Nurdiyah Djohan Sjamsu bertempat di Sunset Spring Beach Retreat Desa Segarakaton Kecamatan Gangga, Selasa (19/10/2021).

Turut hadir dalam pengukuhan tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Utara (Dikbudpora KLU) Adenan, S.Pd., M.Pd., Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Lombok Utara Yunita Aprilina, ST., M.Eng., serta Ketua Dharma Wanita Kabupaten Lombok Utara Baiq Hurniwati, S.Pd.

Usai pengukuhan, Bupati Lombok Utara dalam sambutannya menyampaikan harapan besarnya kepada seluruh Bunda PAUD di Kabupaten Lombok Utara untuk mempersiapkan anak-anak generasi emas yang sehat dan cerdas demi tercapainya pembangunan di segala lini kehidupan.

“Pengukuhan ibu-ibu sebagai Ketua PAUD di masing-masing tingkatkan ini punya makna yang luar biasa, ada tanggungjawab yang harus kita emban,” kata Bupati.

Untuk menghindari anak-anak dari pengaruh negatif kemajuan teknologi informasi saat ini, H. Djohan Sjamsu meminta kepada Bunda PAUD dari tingkat kabupaten hingga desa untuk bersungguh-sungguh dalam memberikan pembinaan dengan memusatkan perhatian kepada anak-anak didik di masing-masing tempat.

“Pusatkan perhatian pada pembinaan generasi kita, generasi emas (anak-anak usia dini_red),” pesan Bupati diakhir sambutannya.

Sementara itu, Dra. Hj. Galuh Nurdiyah selaku Bunda PAUD Kabupaten Lombok Utara mengutarakan, hadirnya seluruh Bunda PAUD dalam pengukuhan tersebut mencerminkan kesamaan kehendak serta rasa peduli yang tinggi terhadap pendidikan anak usia dini, yakni sama-sama ingin membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, agar pada saatnya nanti, mereka memiliki kesiapan mental untuk memasuki pendidikan tingkat lanjut, mengantar mutiara bangsa ke gerbang masa depan yang lebih baik.

Bunda PAUD Kabupaten Lombok Utara yang merupakan Istri Bupati Lombok Utara ini juga menuturkan bahwa pendidikan di awal masa pertumbuhan anak sangatlah penting. Pada usia dini, otak berkembang dengan sangat cepat, otak juga dapat menerima dan menyerap segala sesuatu yang dilihat dan didengar. Tidak hanya yang baik-baik saja akan tetapi juga hal-hal yang kurang baik.

“Oleh karena itu, kepada kita semua, terutama kepada para orang tua harus hati-hati, jangan biarkan anak mendapatkan konsumsi berita maupun tingkah laku yang tidak pas buat mereka. Sebab, sebagaimana yang saya sebutkan tadi, bahwa mereka menyerap semuanya, yakni yang baik, yang buruk, semuanya diserap,” seru Hj. Galuh.

Melalui kesempatan baik itu, Hj. Galuh mengingatkan kepada bunda-bunda PAUD yang baru dikukuhkan bahwa, pendidikan anak usia dini bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah dan lembaga PAUD saja, akan tetapi masyarakat dan orang tua harus bersama-sama berperan aktif dalam menyukseskan pendidikan anak usia dini sesuai peran masing-masing.

“Bunda PAUD juga harus mendorong agar para orang tua ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan bina keluarga balita. Disinyalir saat ini, partisipasi orang tua sangat kecil. Cara pengasuhan yang disampaikan di PAUD jangan sampai berbeda atau bahkan bertolak belakang dengan pola pengasuhan di rumah,” pesannya.

Sebagai Bunda PAUD Kabupaten Lombok Utara, Hj. Galuh terus berkomitmen untuk meningkatkan pendidikan PAUD di daerah dengan selogan Tioq Tata Tunaq ini. Dia menyebutkan Bunda Paud merupakan profesi suci yang dilandasi rasa cinta dan kasih sayang. Oleh karenanya, Hj. Galuh berharap kepada bunda PAUD kecamatan dan bunda PAUD desa, agar mampu menjadi pondasi keberhasilan pendidikan usia dini dengan selalu berkomunikasi dalam pengembangan potensi di wilayah masing-masing.

“Pembangunan PAUD di daerah saat ini memang dirasakan masih perlu ditingkatkan. Menyadari hal tersebut, maka kepada Bunda PAUD kecamatan dan Bunda PAUD desa yang baru saja dikukuhkan kiranya dapat segera mengambil langkah-langkah sebagaimana tugas kita masing-masing,” pinta Bunda PAUD.

(Yoan/Diskominfo Lombok)