Dewan Nasional DPN-PPWI Kirim Surat Resmi Ke Kapolri Terkait Kriminalisasi Kepada Wartawan.

47

Jakarta,-

Yth. Rekan-rekan PPWI, Pimpinan Organisasi Pers, dan wartawan/pewarta di seluruh Indonesia

Dengan hormat,

Berikut kami kirimkan surat resmi Dewan Pengurus Nasional Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPN-PPWI) yang ditujukan kepada Kepala Kepolisian Republik Indonesia Cq. Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim), sebagai respon atas pemanggilan 3 (tiga) Pimpinan Redaksi oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri terkait laporan polisi yang dibuat oleh Mimihetty Layani. Sebagaimana diketahui bahwa Mimihetty Layani adalah istri dari pemilik perusahaan Kopi Kapal Api, terduga penggelapan pajak dan sebagai terlapor dugaan penggelapan dalam jabatan (pada PT. Kahayan Karyacon) di Polda Banten. Mimihetty melaporkan 3 Pimpinan Redaksi (News Metropol, Kabar XXI, dan Pewarta Indonesia) dengan tuduhan melanggar UU ITE dan pasal pencemaran nama baik.

Sebagai bentuk perlawanan dan upaya memperjuangkan kemerdekaan pers di tanah air, DPN-PPWI meminta kesediaan rekan-rekan PPWI bersama organisasi pers lainnya dan wartawan/pewarta di seluruh Indonesia kiranya berkenan meneruskan surat kami ini kepada pihak-pihak berkepentingan antara lain kepada pimpinan lembaga/instansi sebagaimana tertera pada daftar tembusan surat ini, juga kepada teman-teman media, para wartawan, pejuang kemerdekaan pers dan keadilan sosial, advokat, dan masyarakat umum. Suratnya dapat diteruskan dalam bentuk print-out dan dikirim ke alamat kantor masing-masing lembaga/instansi dan dapat juga dalam bentuk soft-copy yang dikirimkan ke alamat email, akun media sosial facebook, nomor kontak WA dan WA-WA Group di jaringan masing-masing.

Kerjasama ini akan sangat menentukan hasil perjuangan yang diharapkan oleh para jurnalis, khususnya para pimpinan redaksi. Oleh karena itu, kepada semua pengelola media (pimpinan redaksi, editor, publisher, dan wartawan serta pekerja media massa) diharapkan untuk ikut serta dalam meneruskan surat dari DPN-PPWI ini.

Demikian disampaikan, atas perhatian, bantuan, dan kerja sama semua kita, kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, 17 Oktober 2021

Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA (Ketua Umum PPWI)
H. Fachrul Razi, S.I.P., M.I.P. (Sekretaris Jenderal PPWI)

1KataLAWAN!

LawanKriminalisasiWartawan