Pemkab Tubaba Membuka Verifikasi Bacalon Kepala Tiuh 2021.

49

Tubaba,-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang bawang Barat (Tubaba) membuka verifikasi bakal calon (Balon) kepala tiyuh (desa) pada tanggal 9 Oktober 2021 mendatang.

Kepala Bidang Pemberdayaan Aparatur Pemerintah Tiyuh, Ashari mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh (DPMT) Tubaba mengatakan, selain verifikasi Balon kepala tiyuh, terdapat juga tahapan selanjutnya, yakni, penetapan calon, penetapan data pemilih sementara, penetapan daftar mata pilih tambahan, pemilih tetap, kampanye, masa tenang, persiapan TPS dan Kamis 9 Desember hari pencoblosan hari H pelaksanaan Pilkati serentak.

“Memasuki tahapan kampanye sesuai arahan pemerintah melalui Permenagri nomor 72 tahun 2020 mengatakan, bahwa kampanye bisa di laksanakan dengan ketentuan, kegiatan dalam ruangan minimal 50% dari kapasitas ruangan, tidak diperkenankan arak-arakan dan, melakukan event olahraga, pentas seni,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (06/10/2021).

Lanjutnya, sementara untuk hari H pemungutan suara Pemilihan Kepalo Tiyuh (Pilkati) serentak di Kabupaten Tubaba pada tahun 2021, ditetapkan pada tanggal 9 Desember.

Penetapan tersebut ditetapkan berdasarkan keputusan Bupati Tubaba nomor B/243/HK/TUBABA/2021 tentang Perubahan kedua atas keputusan Bupati nomor B/168/II.13/HK/TUBABA/2021 tentang Perubahan jadwal dan tahapan Pilkati serentak tahun 2021.

“Berdasarkan ketentuan dari Depdagri sebelumnya, bahwa seluruh tahapan Pilkati ditunda selama dua bulan, akan tetapi saat ini Kabupaten Tubaba berstatus PPKM level 2, untuknya tahapan Pilkati pada bulan Oktober ini kita lanjutkan dan penetapan hari Pemungutan suara sudah ditetapkan pada 9 Desember 2021,” pungkasnya. (Istamar)