REMBUG STUNTING DAN MUSRENBANGDES DESA SUKAMENANTI TAHUN 2022

22

Lampung Utara – Rembuk stunting di Desa yang dilaksanakan sebelum musyawarah Desa (Musdes) untuk penyusunan perencanaan pembangunan desa tahun berikutnya. Rembuk stunting ini berfungsi sebagai forum musyawarah antara kader desa, masyarakat Desa dengan pemerintah Desa dan BPD untuk membahas pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di Desa sukamenanti kecamatan Bukitkemuning 13 September 2021.

Hadir pada acara tersebut camat Bukitkemuning Khairul Saleh SH Mm, Tenaga Ahli pendamping desa tingkat kabupaten ibu Eviana, kapuskes Bukitkemuning dr Masrianti, kepala desa Suraji beserta prangkat desa dan Rt,BPD beserta anggota,Babinkantibmas Bripka Mustofa, Babinsa Serda Supartoni, pendamping desa tingkat kecamatan Iwan,pendamping desa sukamenanti Sandi, LPM , pengurus BUMDES,ibu ibu PKK,kader posyandu.

Kades Suraji dalam sambutannya menyampaikan sangat terimakasih atas kehadiran bapak dan ibu pada acara ini, pada rembug stunting dan musrenbangdes ini merupakan musyawarah untuk menyerap anggaran dana desa tahun 2022 yang diharapkan dapat dimusyawarahkan dengan baik sehingga dapat menghasilkan keputusan bersama begitu juga tentang stanting,”singkatnya.

Camat Khairul Saleh SH MM dalam sambutannya menyampaikan keberhasilan pembangunan desa yang menggunakan angaran dana desa dapat dihasilkan dari musyawarah desa seperti ini.

Di mana nantinya kita semua dapat melihat dan mendengar kan apa saja penyerapan dana desa ini di gunakan baik yang sudah di laksanakan atau yang belum di laksanakan.dengan mengacu kepada permen,pergub dan perbub sehingga dalam pelaksanaan tidak tumpang tindih.kemudian di lanjutkan membuka musyawarah stanting dan musrenbangdes 2022,”ujar Camat.

Rembuk stunting di Desa, meliputi: 1). pembahasan usulan program/kegiatan intervensi gizi spesifik dan sensitif yang disusun dalam diskusi kelompok terarah; dan 2). pembahasan dan penyepakatan prioritas usulan program/kegiatan intervensi gizi spesifik dan sensitif,”ujarnya.

Kesepakatan hasil rembuk stunting di Desa sukamenanti dipimpin oleh kapuskes Dr Masrianti,
Dalam hal ini terdapat beberapa usulan yang di sampaikan oleh para kader posyandu dan kader PKK yang di tuangkan dalam notulen musyawarah,”pungkasnya.

Dalam musrenbangdes yang dipimpin oleh wakil ketua BPD Zainal Asikin sebelum nya menyampaikan dalam musyawarah desa seperti ini banyak hal yang disampaikan namun tidak satu pun yang turut mengusulkan tentang kenaikan insentif BPD yang saat ini di bawah penghasilan RT,kemudian menampung beberapa usulan yang di sampaikan oleh para Kadus dari Kadus satu sampai Kadus Lima seluruh nya mengusulkan rabat beton dan sumur bor dan ada juga usulan ekonomi kreatif penyediaan tabung gas 3 kg,”sinagkatnya.(Asikin)