Anggaran Biaya Pemakaman Pasien Covid-19 Tak Terliasasi Cuma Jadi Bancakan BPBD Pringsewu.

72

PRINGSEWU-Anggaran biaya pemakaman pasien covid-19 di badan penaggulangan bencana daerah (BPBD) tahun 2021 Pringsewu diduga tak terliasasi,ajang bancakan dan menguap ke dinas terkait.
Pasalnya biaya anggaran yang gelontorkan untuk penanganan pemakaman pasien covid-19 yang meninggal dunia di kabupaten Pringsewu cukup pantastis.

Anggaran yang di cairkan berbanding terbalik dengan biaya yang di bayarkan oleh badan penangulan bencana daerah (BPBD )untuk biaya pemakaman pasien covid-19 yang ada di Pringsewu.

Dari beberapa informas dan cek recek yang di himpun media Gerbang sumatera ini biaya pengalian lubang pemakaman sebesar satu juta rupiah,di tempat pemakaman pasien covid 19,di pemakaman KH.Gholib yang merupakan juru kunci mengaku ,hanya 5 pemakaman yang baru dibayarkan untuk biaya pengalian lubang kubur dari 28 pemakaman yang dibayar oleh pihak BPBD.

” untuk di makam umum KH.Gholid, yang baru dibayarkan baru 5 pemakaman,dari 28 pemakaman pasien covid,selebihnya belum di bayarkan ,”ukap Harsim yang merupakan juru kunci di TPU KH.Gholib saat di kofirmasi haluan .lampung .com di kediamannya Senen (6/9/21)

Lanjut Harsim,dirinya merasa kecewa,karna tidak ada kejelasan dari pihak BPBD terkiat anggaran biaya pengalian makam, pasien covid yang belum di bayarkan .terangnya

Dilain tempat Prasetio juri kunci TPU Pringsewu Selatan saat dikonfirmasi di kediaman nya membenarkan bahwasan memang benar mereka baru dibayar dua kali pada tahun 2020 satu 2021 satu.

“Benar mas baru dibayar dua kali tahun kemarin sama tahun ini sampe sekarang belum dibayar, dan sempat waktu itu anggota saya sempat tidak mau lagi gali karna tau ada anggaran nya tapi belum cair” ukapnya saat ditemui di kediamannya beberapa waktu yg lalu .

Tambah Prasetio, jumlah keselurah untuk Pringsewu Selatan jumlah keselurahan 19 yang di makamkan di TPU pringsewu selatan yang meninggal karna covid-19, sampe sekarang baru dua lubang yang terbayarkan waktu itu kita ngambil di kelurahan Pringsewu Selatan.

Dari informasi dan ketrangan Kabib pencegahan persiapan kesiap Siagaan ( PPKS ) BPBD Pringsewu Kuncoro ,mengaku anggaran biaya untuk pengalian /pemakaman pasien covid-19 di Pringsewu sangat lah minim , untuk satu pemakaman di anggar kan 1juta rupiah .
” Hingga kini kami baru bisa mencarikan 135 tempat pemakaman , untuk satu pemakaman biaya yang dikeluarkan berkisar satu juta ,karna anggaranya habis ,menunggu anggaran selanjutnya ” kata koncoro dikonfirmasi media ini via tlpn Senen (6/9/21 )

Tambahnya lagi hingga bulan Juli yang baru di cairkan sebayak 135 pemakaman , dari 420 tempat yang di seluruh kecamatan /pekon,karna anggaranya habis ,menunggu angaran di perubahan .jelasnya

Di singgung banyaknya anggaran biaya pemakaman yang belum terbayarkan,dirinya berdalih bahwa angaran di BPBD terlalu minim ,sehingga belum bisa terbayarkan.

Perlu di ketahui dari data yang di himpun media ini,anggaran biaya pemakaman yang sudah di cairkan di sebesar Rp 267 .430 .000 (Agus)