Disenyalir Pekerjaan Revitalisasi Drainase PUPR-BPJN Prov Lampung Asal Jadi !!

115

Lampung Utara,-Disenyalir berpotensi akan merugikan keuangan negara ,proyek revitalisasi drainase program padat karya tunai (PKT).Tepatnya di Desa Simpang Abung,Kecamatan Abung Barat,Kabupaten Lampung Utara,Provinsi Lampung, yang ditemukan oleh tim media ini,Rabu, (1/8/ 2021).

Situasi pandemi Covid-19 ” telah sangat berlangsung sangat lama,terhitung hampir hampir satu tahun, yang sangat memukul beban perekonomian negara.

Berbagai kebijakan Pemerintah Indonesia, akan terus berusaha , agar dampak pada sektor ekonomi , tidak akan semakin berat , dihadapi masyarakat.

Melalui kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Terwujud program Padat Karya Tunai (PKT)”seperti banyaknya kegiatan program Revitalisasi Drainase, yang dianggarkan melalui sumber APBN 2021 . Cukup fantastis dengan nilai belasan triliun.

Namun sangat disayangkan berbanding terbalik , pada pelaksanaan kegiatan pekerjaan terkadang, tidak memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) dan diduga menyalahi Spesifikasi / Bestek, tidak mengacu dengan gambar dan Rencana Anggaran Belanja (RAB).

Seperti kegiatan Revitalisasi Drainase sedang dikerjakan oleh rekanan PUPR BPJN provinsi Lampung . Berada di Ruas Jalan Nasional,tepatnya di jalan Lintas Tengah Sumatera, Kecamatan Abung Barat Lampung Utara.”

Pekerjaan tersebut diduga tidak bertuan, alias proyek siluman,sumber dana APBN dengan anggaran mencapai Ratusan Juta Rupiah,dalam 1.000,-M/1-Klo.

Revitalisasi Drainase adalah ” Program Direktorat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sub bidang Bina Marga , Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (PUPR- BBPJN) . Selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) PUPR-BPJN XIX Provinsi Lampung.

Dari hasil pekerjaan tersebut tentunya sangat disayangkan, kegiatan perkerjaan revitalisasi drainase, di abung barat telah yang menelan sumber anggaran begitu fantastis , tampa ada pengawasan dari Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) PUPR-BPJN Provinsi Lampung.”

Sehingga diduga pekerjaan revitalisasi drainase,yang sedang berjalan/dikerjakan oleh rekanan, melalui proses Penunjukan Lansung dari PUPR-BPJN Provinsi Lampung di Abung Barat.”

Dinilai akan merugikan keuangan negara, yang disebabkan pada pekerjaan tersebut diduga tidak memenuhi kualitas dan tidak berbobot, di kerjakan asal jadi, alias asal-asalan .

Sampai berita ini diterbitkan pihak PUPR BPJN dan Rekanan belum bisa dikonfirmasi (Tim/AWPI).