Momen HUT Ke-73, Kapolres Rohul Puji Kontribusi Polwan Di Fase Pandemi Covid-19

28

ROKAN HULU-Polisi Wanita (Polwan)  memiliki peran  sangat luar biasa dalam penanganan Covid-19 saat ini, untuk  Polres Rokan Hulu (Rohul) tetap  menjalankan tugas negara dan mengabdi kepada masyarakat dengan segenap hati.

Demikian disampaikan, Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK di dampingi Paur Humas AIPDA Mardiono P SH, Rabu (1/9/2021).

Lanjut Kapolres,  mengutip keterangan di laman humas.polri.go.id, Tema HUT Polwan 2021 ke 73, “Transformasi Polri yang Presisi Polwan Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional menuju Indonesia Maju”

“Tanggal 1 September memperingati Hari Polisi Wanita atau Hari Polwan, Hari Polwan 2021 ini merupakan peringatan yang ke-73 sejak pertama kali dibentuk pada 1 September 1948,” kata Kapolres AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK.

Lanjutnya, Polwan terbentuk berawal dari kesulitan Polisi untuk memeriksa fisik korban, tersangka atau saksi wanita dalam menangani sebuah kasus.

“Dalam  internal institusi Polri, peran Polwan memiliki kesetaraan dalam bertugas dengan polisi laki-laki,” tuturnya.

“Apalagi terkait dalam penanganan Covid-19, Polwan juga dilibatkan dalam hal memberikan himbauan kepada masyarakat serta keterlibatan dalam pelaksanaan operasi kepolisian lainnya,” terangnya.

Dirinya juga mengungkapkan, pelaksanaan tugas sebagai Polwan, tidak mengurangi kewajiban sebagai wanita dan ibu rumah tangga, namun juga tidak mengganggu pekerjaan sebagai Polisi Wanita selama ini.

Eks Kapolres Meranti ini mengungkapkan, penanganan tindak pidana juga melibatkan para Polwan, khususnya yang terjadi pada perempuan, seperti tindak pidana kekerasan bagi seorang perempuan.

“Dipemeriksaan awal penyidiknya laki-laki, korban tidak akan leluasa untuk menjelaskan apa yang dialami, jadi, Polwan yang memeriksa agar lebih leluasa dalam melakukan pemeriksaan, utamanya dalam penanganan kekerasan fisik maupun seksual,” ujarnya.

Orang Nomor 1 di Mapolres Rohul ini, menuturkan,  kiprah Polwan dalam penanganan Covid-19 patut mendapat pujian dan apresiasi.

“Sebab Polwan tidak pernah lelah memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya Covid-19,” imbuhnya.

“Polwan melaksanakan tugas harus dengan amanah dan tanpa menyampingkan peran utama wanita sebagai istri dan ibu,” pungkasnya mengakhiri.

(Humas Polres Rohul)