Proyek Siluman Menjamur di Lampura Seperti SDN 01 Sukadana Ilir.

85

Lampung Utara,-Lembaga Pendidikan Pemberantasan dan Pencegahan Korupsi Republik Indonesia (LP3K-RI) Lampung Utara”Menemukan adanya pembangunan di SDN 01 Sukadana Ilir Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara.”

Diduga proyek yang dikelola oleh PUPR Cipta Karya Provinsi Lampung menggunakan sumber dana siluman,”Kata Ketua LP3K-RI M. Gunadi saat melaksanakan Investegation pada hari,Senin,(23/08/2021).

M.Gunadi sangat menyayangkan ketika melihat kondisi pekerjaan Proyek di SDN 01 Suka Dana Ilir yang tidak ada papan informasi,darimana sumber anggaran dan berapa jumlah Dana yang dipergunakan dan tidak satu orang pun yang dapat untuk menjelaskan, dari mana sumber Dana.

Termasuk petugas PUPR Bidang Cipta Karya Provinsi yang sempat saya dijumpai dilokasi pekerjaan,tidak juga mengetahui jumlah dana dan sumber dana darimana dan terkesan petugas PUPR Provinsi Lampung menghindari, untuk dikonfirmasi atau di mintai keterangan,” beber Gunadi.

Saat bersamaan Konsultan Pengawas saat dikonfirmasi”yang sedang berada dilokasi bernama Rasid,tidak juga bisa menjawab, mengenai apa yang dipertanyakan terkait dengan sumber anggaran dan berapa jumlah dana anggaran yang di alokasikan, di SDN 1 Suka Dana Ilir pada tahun 2021.

Sementara menurut Rasid selaku Konsultan pengawas bahwa mereka dipekerjakan di oleh pihak pemenang tender atau rekanan soal anggaran kami tidak tau.

Adapun kami bekerja di bayar dengan upah harian,untuk kepala tukang 120,-(seratus dua puluh ribu) /hari dengan jumlah 4 empat orang Kepala tukang.

sementara kenek dibayar Rp 80,- (Delapan puluh ribu)/hari,dengan jumlah 7 tujuh orang pekerja,”Katanya.

Dilamjutkan Gunadi adanya Proyek yang
sangat saya yakini menpergunakan sumber Dana Anggaran Negara baik itu APBN atau APBD ” maka dengan adanya pembutaan mata publik.

“Saya rasa sudah tepat untuk pejabat yang berwenang untuk mengambil sikap dan menindaklanjuti adanya berita ini,yang patut saya duga Proyek PUPR Cipta Karya Provinsi Lampung pada pembangunan ruang Guru dan kantor di SDN 1 Suka Dana Ilir, beraroma korupsi secara masif,”pungkasnya.(Yandi)