Pemkab Lambar, Peringati HUT RI Ke-76 Di Lingkup Pemkab Setempat

39

LAMPUNG BARAT, -Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melaksanankan Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021, di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, Selasa (17/8/2021)

Peringatan HUT RI Ke-76 di Lambar dimulai dengan upacara penaikan bendera merah putih dan peringatan detik-detik proklamasi yang diikuti langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Lambar Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin, Ketua DPRD Lambar Edi Novial, Kepala Kejari Lambar Riyadi, Kapolres Lambar AKBP Hadi Saepul Rahman, Dandim 0422/LB Letkol Czi Benni Setiawan, Sekda Lambar Akmal Abdul Nasir, Staf Ahli, Assisten, para Kepala OPD, Ketua TP-PKK Lambar, Ketua GOW Lambar dan para Veteran.

Dalam sambutannya, Bupati Lambar Parosil Mabsus mengatakan, ini kali kedua dalam suasana perayaan HUT RI ditengah pandemi. Meski tahun lalu suasananya cukup meriah, akan tetapi saat ini sangat menyedihkan karena Kabupaten Lambar memasuki level 4 terkait pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Mari kita sama-sama mengisi kemerdekaan saat ini dengan konsep persatuan dan kesatuan, dengan konsep gotong royong dan kebhinekaan karena kebersamaan inilah yang akan mengokohkan dan mempertahankan NKRI karena tidak ada diantara kita yang sempurna,” kata Parosil.

Dilanjutkannya, Kami juga mohon dukungan kepada para veteran-veteran yang ada di Kabupaten Lambar agar wabah Covid-19 ini segera berakhir, terimakasih kepada untuk keluarga besar tenaga kesehatan di Lambar terkait dengan pengabdian dan dedikasinya dalam rangka pelayanannya.

“Hari ini betul-betul saudara sedang diuji, saudara dicoba untuk berbuat yang terbaik, saudar diuji bagaimana caranya memberikan pelayanan yang cepat dan tidak membeda-bedakan status atau kelas dan golongan ataupun keluarga,” imbuhnya.

Bupati juga menghimbau kepada masyarakat, seandainya memang ada sakit yang dirasakan agar tidak sungkan untuk melakukan konsultasi ataupun pemeriksaan ke Puskesmas ataupun rumah sakit, karena hal ini yang menjadi problem paling utama.

“Lambar ini kaya dengan seni dan budayanya, inilah tugasnya kedepan bagaimana menjaga dan melestarikan seni budaya yang ada, Ini merupakan program kedua dari kami terkait dengan beasiswa, karena beasiswa yang pertama adalah beasiswa kedokteran, nah ini adalah untuk beasiswa seni dan budaya,” tandasnya.

Selesai Upacara, kegiatan dilanjutkan dengan ziarah nasional tabur bunga di taman makam pahlawan Suka Negeri Pekon Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit, kemudian menyaksikan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI secara virtual di Istana Kepresidenan.

Selanjutnya ramah tamah bersama veteran dan pemberian tali asih kepada dua orang veteran, Pemberian penghargaan untuk satu orang tenaga kesehatan yang gugur dalam tugas atas nama Anwar Sobirin bin Purwadi, Pemberian Beasiswa Seni Budaya kepada dua orang mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi Lampung, Pemberian penghargaan dari Pramuka kepada tiga orang atas nama Maryan Hasan Kepala Kementerian Agama Lambar (penghargaan lencana pancawarsa), Ahmad Syukri, (penghargaan lencana karya bakti) dan Al Yasir, (penghargaan lencana darma bakti).