SDN Hujan Mas Nodai Agustus Dengan Bendera Yang Robek dan Lusuh.

84

Lampung Utara,-Bendera Merah Putih sudah tidak layak kusam, lusuh dan robek masih berkibar didepan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Hujan Mas Kecamatan Abung Barat Kabupaten Lampung Utara, Senen,(16/8/ 2021).

Mengingat satu hari lagi lahirnya Negara Indonesia HUT RI yang Ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia,salah satunya dari kebanggaan rakyat lahirnya juga simbul Negara Bendera Merah Putih sebagai alat pemersatu bangsa, menyatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Disayangkan masih banyak Aparatur Sipil Negara ASN yang tidak memahami penting untuk menjaga Simbul Negara . Terkait adanya dugaan penodaan pengibaran Bendera Merah Putih di SDN Hujan Mas, tidak ada satu pun pihak penyelenggara pendidikan yang dapat dikonfirmasi.

Diketahui berkaitan larangan mengibarkan Bendera Merah Putih dalam keadaan rusak, robek, luntur, lusuh dimuat dalam lembaran Negara UU.No. 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Disebutkan dalam Pasal 24.c menyatakan “Setiap orang dilarang : mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam.

Maka barangsiapa siapa yang melanggar dapat dikenakan sanksi pidana dan denda pada Pasal 67 (b)” Berbunyi barang siapa mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam.

Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf c, dapat dikenakan sanksi pidana penjara paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp.100 juta rupiah , ” ( Tim/ AWPI).