Perjalanan AKBP Hadi Saepul Rahman S.I.K Sebelum Menjabat Kapolres Tubaba.

70

Tubaba,-AKBP Hadi Saepul Rahman, S.IK pria kelahiran 04 Agustus 1978 itu pada November 2019 lalu dipercayai mengemban tugas sebagai Kapolres Tulangbawang Barat, dibawah sosok pemimpin yang dikenal disiplin dan bertanggung jawab itu mampu menciptakan wilayah kamtibnas yang aman dan kondusif di Tulangbawang Barat.

Menjadi Tonggak Sejarah awal berdirinya polres tubaba sejak diresmikan Kapolda Lampung Irjen Pol Drs Purwadi Arianto,M.SI kini AKBP Hadi Saepul Rahman kembali dipercayai mengemban tugas sebagai Kapolres Lampung Barat, yang membawahi dua kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat.

Kurang lebih 20 bulan memimpin polres tubaba mulai dari nol sampai menjadi kebanggaan seluruh elemen masyarakat tentu saja bukan hal yang mudah, namun dengan adanya keterbatasan tidak menyurutkan semangat sosok pemimpin yang dikenal disiplin dan bertanggung jawab itu menjadikan Polres tubaba lebih maju.

Bagi sebagian orang pasti ada yang masih belum mengenal sosok AKBP Hadi Saepul Rahman, namun jika bertanya pada masyarakat Kabupaten Tulang Bawang Barat pasti akan mengetahui jawabannya, AKBP Hadi Saepul Rahman sosoknya adalah Kapolres Tubaba yang dikenal sangat ramah dan sederhana.

Komandan Idola sebutan AKBP Hadi Saepul Rahman itu sangat melekat pada seluruh personil anggota dan elemen masyarakat, pria kelahiran pada tanggal 04 Agustus 1978 itu merupakan lulusan AKABRI tahun 2000, memiliki istri yang anggun dan menawan bernama Dina Fitriana serta dikaruniai dua putri dan satu putra kebanggaan.

Pemimpin Gagah dengan hobi adventure itu bukan hanya membuat Kamtibmas yang aman diwilayah hukum polres tubaba, namun juga selama menjabat keharmonisan terjalin baik di kalangan elemen masyarakat tubaba, baik pemerintah, TNI, awak media, tokoh adat serta tokoh masyarakat.

Tak hanya itu polisi yang dikenal berkarakter terpuji yang dapat menempatkan diri sebagai seorang moralis, bapak, teman, pengabdi, dan tokoh itu sangat dikagumi dan dihormati seluruh anggotanya, bahkan menjadi spirit, sumber referensi dan inspirasi di tengah kehidupan masyarakat Tulangbawang Barat.

Betapa tidak dibawah kepemimpinan nya reformasi polri telah begitu banyak merubah sikap, perilaku dan mental polri, sehingga menjadi sosok polri yang humanis, melayani, mengayomi, melindungi dan menegakkan hukum. Sekarang polri jauh dari kesan sangar dan menakutkan, Polisi adalah sahabat rakyat, karena memang lahir dari rakyat.

Begitulah, apa yang telah dilakukan AKBP Hadi Saepul Rahman masa memimpin polres tubaba, semua program-program Polri telah dijalani dan diteruskan kepada semua personilnya. Dengan berbagai inisiatif, inovasi dan kegiatan positif yang telah dilakukan selalu ikut terjun langsung memimpin diberbagai kegiatannya.

Dimasanya kepemimpinan nya sosok AKBP Hadi Saepul Rahman pun tak luput dari perbincangan masyarakat lantaran aksi-aksinya yang terbilang langka oleh seorang Kapolres, banyak disebut unik dan humanis kepada masyarakat. Sikap rendah hati yang dimiliki dan ketulusan nya dalam melayani tidak hanya diterapkan bagi dirinya, keluarga dan orang-orang terdekat, tetapi juga bagi institusi kepolisian.

Dengan sikap Tut Wuri Handayani, pemimpin tegas itu tak sungkan-sungkan berada di tengah-tengah personilnya untuk bersama-sama bekerja, sehingga dengan banyaknya keterbatasan dalam menjalankan tugas selalu dilakukan kesadaran serta tanggung jawab dan rasa senang, agar seluruh personil mampu menunjukan kinerja yang maksimal.

Sikap tegas dalam penekanan yang selalu dilakukannya adalah mengajak seluruh anggota Polri yang ada, sebagai teladan dan panutan masyarakat baik saat berdinas maupun saat sedang tidak bertugas. “Rencanakan Kerajaanmu, Kerjakan Rencanamu” kata yang selalu diingatkan kepada anggotanya itu terbukti dalam kemajuan memimpin polres Tulangbawang Barat.

AKBP Hadi Saepul Rahman masa kepemimpinan nya saat ini digantikan oleh AKBP Sunhot P. Silalahi, teriring doa dan harapan tercurahkan kepada komandan idola itu saat rangkaian acara welcome and farewell parade di halaman Mapolres setempat dan pisah sambut forkopimda plus di hotel brugo cottage,

Dalam kesempatan itu AKBP Hadi Saepul Rahman,S.IK menyampaikan, Selama 20 bulan menjabat sebagai Kapolres Tubaba tentunya ada suka dukanya, meskipun penuh dengan perjuangan dalam keterbatasan namun tetap membahagiakan dan saya pribadi sangatlah bangga pernah menjadi bagian dari tubaba ini.

“kemajuan polres tubaba ini juga tak luput dari banyaknya support dari kalangan masyarakat baik pemerintah, TNI, tokoh adat, tokoh masyarakat serta awak media yang selalu mendukung demi polres tubaba maju seperti saat ini,” ungkap komandan Idola itu saat sambutannya, Kamis 12 Agustus 2021.

Lanjut dikatakan AKBP Hadi, saya sangat bangga bisa membangun polres tubaba ini dari titik nol, ibarat mobil itu dari gigi netral, masuk ke gigi satu, dua dan tiga. Mudah-mudahan dengan Kapolres yang baru ini gigi tiga bisa dikencangkan lagi untuk bisa naik lagi ke gigi empat, lima dan enam serta saya yakin dengan berbekal pengalaman tugas beliau polres tubaba akan lebih baik kedepannya

“Saya mengingatkan kepada seluruh rekan-rekan polres tubaba agar tidak ada yang membeda-bedakan antara kepemimpinan dan saya yakin dengan Kapolres yang baru dapat melanjutkan pembangunan serta pengembangan dalam menjaga Kamtibmas yang lebih kondusif,” tungkas komandan Idola

Sementara itu Kapolres Tulangbawang Barat Baru, AKBP Sunhot P Silalahi mengapresiasi kesuksesan AKBP Hadi selama membangun polres tubaba ini dari titik nol sampai saat ini dan kita pun optimis dapat melanjutkan ke gigi selanjutnya serta meningkatkan kinerjanya lagi kedepan.

“Memang sangat luar biasa apa yang terlihat dilakukan AKBP Hadi, saya harap kita bisa melanjutkan perjuangan dan bisa lebih maju lagi, selamat jalan pak Kapolres Lampung Barat, teriring doa semoga kesuksesan selalu menyertai dimanapun dirimu bertugas,” tegas AKBP Sunhot.(Noven)