Paripurna Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76

125

Lampung Utara – Dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-76, DPRD Kabupaten Lampung Utara mengadakan Sidang Istimewa HUT Republik Indonesia dalam agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan, Senin (16/8/2021)

Acara yang dimulai pukul 09:00 WIB tersebut dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Lampung Utara, Romli, A.Md yang didampingi oleh Wakil Ketua I Madri Daud, SE.,MH, Wakil Ketua II H. Dedi Sumirat, dan Wakil Ketua III Joni Saputra beserta Anggota DPRD Kabupaten Lampung Utara.

 

Hadir Bupati Lampung Utara yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara Drs. H. Lekok, MM, Kapolres Lampung Utara AKBP. Kurniawan Ismail, SH., SIK.,MIK, Dandim 0412 Letkol.INF. Harry Prabowo, SE, Kajari Lampung Utara Atik Rusmiaty Ambarsari, SH.,MH, Kakimal Lampung Utara Letkol Laut (PM) M. Firdaus, SH.,MH, Ketua Pengadilan Negeri Kotabumi Lusiana Amping, SH.,MH, Kepala Kementerian Agama Lampung Utara Drs. Totong Sunardi, MM, perwakilan Forkopimda dan Pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara, serta media cetak online dan elektronik.

 

Dalam sambutan Romli, A.Md menyampaikan proklamasi 17 Agustus 1945 adalah suatu peristiwa bersejarah yang sangat penting dalam kehidupan bangsa kita, dimana pada masa tersebut bangsa kita berjuang untuk mencapai kemerdekaan, oleh karena itu beliau mengajak untuk merenungkan makna dari kemerdekaan dengan cara bekerja keras yang dilandasi disiplin serta semangat juang yang tinggi, sebagaimana yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan pendahulu kita, yang telah gugur sebagai Kusuma Bangsa.

“Meskipun dalam situasi yang kurang mendukung saat ini, akibat dampak Covid-19, kita tetap berusaha agar kesejahteraan dan kesehatan masyarakat kita dapat pulih kembali seperti sedia kala dan menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang serta dapat melanjutkan cita-cita proklamasi dan amanat UUD 45,” kata Romli.

 

Acara kemudian dilanjutkan dengar mendengarkan Pidato Kenegaraan Ketua MPR dan Presiden Republik Indonesia di gedung MPR-DPR RI secara live dan virtual.

Dalam pidato kenegaraannya presiden Jokowidod memakai pakaian adat suku Baduy  beberapa kali Presiden RI Jokowidodo memberikan semangat agar warga negara Indonesia bisa bangkit menghadapi krisis yang saat ini sedang terjadi di masa PPKM dan seluruh dunia sedang dalam keterpurukan  akibat pandemi Covid-19.

“Api memang membakar tetapijuga sekaligus menerangi ,kalau terkendali,dia menginsfirasi dan memotifasi, dia menyakitkan tetapi sekaligus menguatkan,” kata Jokowi .

“ kita ingin pandemi ini menerangi kita untuk instrofeksi diri ,memperbaiki diri,dan menguatkan diri kita dalam menghadapi tantangan hidup dan tantangan masadepan,” tambahnya.

 

Tercatat pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami penurunan pada kuartal kedua tahun 2020 hingga saat ini Namun presiden berharap kondisi krisis ini dapat dijadikan oleh Indonesia sebagai peluang untuk mengejar ketertinggalan, karena beberapa negara maju mengalami penurunan sampai puluhan persen.

Menanggapi pidato kenegaraan Presiden RI, Bupati lampung Utara H.Budi Utomo,SE.,MM diwakili Sekretaris daerah Lampung Utara Drs.H.Lekok,MM juga menginginkan adanya semangat juang kemerdekaan yang turut hadir di masa krisis saat ini. Dijelaskan  juga  Pemerintah Kabupaten Lampung Utara  telah melakukan beberapa upaya untuk menghadapi krisis akibat pandemi Covid-19.

“Lekok mengatakan kita bersama  sama satgas mengedukasi masyarakat agar supaya tetap taat terhadap protokol kesehatan kita berharap kedepan karna sekarang ini sedang digalakkan faksin kita berharap kedepan penularan Covid 19 agar semakin berkurang dan akan cepat berlalu,” pungkasnya. (zulkifli)