Janda Anak Tiga di Tanggamus Tempati Rumah Tak Layak Huni

136
Tanggamus — Memprihatinkan, mungkin itu kata yang pas untuk mengambarkan kondisi dan keadaan kediaman Turiah (62) Tahun Seorang Janda Beranak Tiga (3), warga Pekon Negri Agung, Kecamatan Bandar Negri Semong, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, Senin (16/8/2021)
Pasalnya, semenjak ditinggal suami akibat lakalantas (tabrak lari) berapa tahun silam membuatnya hidup digaris kemiskinan dengan serba kekurangan. 
Nampak jelas terlihatnya dinding rumah yang terbuat dari papan kini sudah rapuh termakan usia. Bahkan atap yang sudah kropos, akan tak lagi mampu menahan apabila hujan deras mengguyur tempat tinggalnya itu.
Selain itu, Turiah (62th)  yang diketahui seorang janda dengan tiga orang anak kini tidak ada penghasilan tetap hanya sesekali ikut bantu ngarit padi disawah untuk mendapatkan upah demi bertahan hidup.
“Saya seorang Janda punya anak tiga, anak pertama saya sudah menikah dan ikut dengan suaminya sementara anak yang kedua  juga sudah menikah dan tinggal dengan istri nya terus yang bungsu masih sekolah di pondok pesantren,” jelasnya.
“Saya betul-betul dalam hidup yang serba kekurangan,  bisa dilihat sendiri keadaan saya, rumah yang berdinding papan ini memang sudah tidak layak, dinding yang terbuat dari papan yang sudah lapuk dimakan usia dan juga atap yang sudah kropos terkadang tidak mampu lagi untuk menahan derasnya hujan,” tambahnya.
Turiah sangat ingin sekali tinggal di rumah yang layak huni akan tetapi impian tinggal impian karena tak mungkin bisa membangun rumah. “Boro-boro mau ngerehap rumah mas lagi untuk makan aja susah,” keluh Turiah.
Saat ini Turiah sangat membutuhkan uluran tangan dari Pemerintah setempat dan siapapun yang dapat membantu merenovasi rumahnya.(Wan)