Wabup Pesisir Barat Menggelar Kegiatan Gebyar 1 Muharram 1443.

61

PESISIR BARAT -Wakil Bupati didampingi Ketua BKMT Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) menggelar kegiatan Gebyar 1 Muharram 1443 Hijriyah, di Kantor Sekretariat PKK setempat, Rabu (11/8/2021).
Dalam sambutan Wabup Zulqoini Syarif mengatakan, tahun baru hijriyah merupakan salah satu momentum yang penting dalam sejarah perjuangan umat islam, kalender hijriyah, yang janin kelahirannya diprakarsai oleh Saydinna Umar Bin Al-Khattab berkait lekat dengan peristiwa hijrah. 
“Bahkan tahun permulaan dari kalender ini merujuk pada kisah dimana Rasullullah SAW berserta iringan sahabat mengayunkan langkah dari Makkah menuju Yatstrib yang kemudian masyhur dikenal sebaga kota sang nabi, Al-Madinah,” ujarnya.
Jika di Makkah, sambungnya, target pencapaian dakwah Nabi Salallahu Alaihi Wassalam berkisar diantara pembentukan watak, pembangunan mental dan penataan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT maka sebaliknya di Madinah nabi membangun sebuah bangsa yang tercerahkan sekalian merajut peradaban yang dibanggakan. 

“Oleh karena itu, semangat tahun baru hijriyah adalah optimisme dalam menghadapi tantangan jaman, untuk kemudian kita berhijrah menuju perubahan dan kemajuan, agar kita sekalian tidak melupakan orientasi hidup yang bukan melulu bersifat materil dan duniawi, melainkan juga membutuhkan energi rohani dalam rangka mencapai kebahagian ukhrowiyah cita-cita kita adalah diridhoi oleh Allah yang maha kuasa,” imbuhnya.
Selain itu, peringatan gebyar 1 muharram ini dilaksanakan secara sederhana , sebagai akibat dari pandemi Covid-19  yang pada hakikatnya diharapkan tidak mengurangi makna dan nilai dari gebyar muharram ini bagi kita semua.
“Pada peringatan ini marilah bersama-sama kita kembali kepada nilai-nilai ilahi dan moralitas Qur’ani, serta berpegang teguh kepada akhlak Ahlussunnah Wal Jama’ah, bersama  kita tingkatkan kualitas kehidupan kita dengan menambah deretan prestsi dan bukan hanya bisa mencoretkan catatan buruk atau lukisan hitam belaka,”  pungkasnya. (anton)