TNWK Lamtim Kungker Ke DPRD Lamteng.

67

Lampung Tengah – Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur (Lamtim) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke DPRD Lampung Tengah (Lamteng), Selasa (3/8/2021).

Kunjungan Balai TNWK yang dikemas dengan silaturahmi tersebut disambut langsung oleh Ketua DPRD Lamteng Sumarsono, didampingi Sekretaris Dewan (Sekwan) Syamsi Roli.

Kepala Balai TNWK Lamtim Kuswandono mengatakan, kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka mengkomunikasikan Program Kemitraan Konservasi Pemulihan Ekosistem bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) dari masyarakat desa yang berbatasan dengan Kawasan TN Way Kambas, dan Pemgembangan Potensi Wisata Alam di Balai TNWK bersama masyarakat.

Kemitraan Konservasi tersebut juga akan dikembangkan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS) selama 5 Tahun antara Balai TNWK dengan KTH atas Persetujuan Direktorat Jenderal (Ditjen) Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk Pemulihan Ekosistem pada Zona Rehabilitasi di Kawasan TNWK.

Pemulihan ekosistem ini sendiri berupa penanaman jenis-jenis pohon endemik dan tidak direncanakan ditebang. Tetapi dipilih jenis pohon yang berbunga bergantian sepanjang tahun sebagai lokasi “Penggembalaan Ternak Lebah Madu” yang dipelihara masyarakat KTH.

“Langkah ini merupakan salah satu solusi bersama masyarakat untuk meningkatkan produksi lebah madu. Sehingga pendapatan ekonomi terus meningkat, dan kegiatan ilegal di dalam kawasan TNWK bisa ditekan,” ujar Kepala Balai TNWK Lamtim, Kuswondono, saat dikonfirmasi media koran ini.

Menurutnya, langkah ini tentunya sangat membantu TNWK dalam kegiatan pemulihan ekosistem dengan keberhasilan lebih baik, dan terjaga dari ancaman kebakaran hutan, karena masyarakat juga berkepentingan menjaga aset sumber pakan lebah dan koloni-koloni lebah mereka.

“Dalam pertemuan tadi kami memang menyampaikan informasi yang sama. Bahkan Pak Ketua DPRD Lamteng Sumarsono sangat mendukung upaya nyata kita untuk mencari solusi bersama masyarakat dalam mewujudkan “Hutan Lestari dan Masyarakat Sejahtera”. Selanjutnya, pak Sumarsono juga mengajak bertemu langsung dengan Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad. Dan Pak Bupati menyambut baik dan mendukung penuh program-program nyata tersebut,” ungkapnya.

Program Balai TNWK ini pun disambut baik Ketua DPRD Lamteng Sumarsono dalam rangka melestarikan hutan dan mensejahterakan masyarakat.

“Selagi untuk kelestarian hutan dan kesejahteraan masyarakat tentunya kita sangat mendukung. Dan semoga langkah nyata ini bisa berjalan dengan baik kedepannya,” harap Sumarsono.

Diketahui, kunjungan kerja Balai TNWK ke DPRD Lamteng ini juga untuk melakukan koordinasi terkait rencana Ketua Komisi IV DPR RI dan Ditjen KSDAE Kementrian LHK ke Balai TNWK Lampung Timur yang Insya Allah akan hadir pada Tanggal 6-7 Agustus 2021 mendatang. (Edi)