Calon Kades Embacang dan Ketua Adat Bali Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembuatan Gedung Pasraman.

65

OKI,-Herman Basnan Calon Kepala Desa Embacang Nomor urut 02 dan Ketua Adat Bali Kadek Sumitra lakukan peletakan batu pertama pembuatan gedung Pasraman di dusun 03 Desa Setempat Kacamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan.

Di hadiri calon kepala desa embacang nomor urut 02 Herman Basnan,Ketua adat bali desa embacang Kadek Sumitra,Mangku sekaligus guru pasraman Made Sumantre, Mangku desa Wanyan Wir dan anggota adat bali desa embacang.Senin(01/08/2021)kemarin.

Di katakan Made Sumantre,”Pasraman adalah tempat atau pondok belajar khusus pendidikan agama hindu, sekolah ini merupakan alternatif dasar pembekalan budi pekerti bagi umat hindu meliputi pelajaran bahasa bali,aksara arab bali, menari dan tentang kehidupan sehari hari, terangnya.

Masih menurut Made,”kalau sekolah formal dari tingkat sekolah dasar sampai keperguruan tinggi agama hindu hanya di ajar kan sebagai ilmu pengetahuan saja lain dengan pasraman mengajarkan ilmu pengetahuan yang tak terbatas.”tandas dia.

Herman Basnan warga desa embacang yang merupakan alumni SMEA Negeri kayu agung lulusan tahun 1988 dan pernah menjabat sebagai kepala desa embacang pada tahun 2000–2008 menjadi perintis dan penggerak pembangunan kebun kelapa sawit primer anggota(KKPA)yang saat ini sudah berhasil sebagai penunjang ekonomi rakyat.

Herman Basnan Calon Kepala Desa Embacang nomor urut 02 siap melanjutkan programnya kembali.

Kemarin saat menghadiri peletakan batu pertama pembuatan gedung Pasraman di dusun 03 desa embacang bahwasanya ia sangat mendukung pembangunan gedung sekolah bagi anak anak yang beragama hindu khusus nya di dusun 03 sebagai wadah atau tempat lahir nya generasi yang beriman,bertaqwa kepada tuhan yang maha esa,berahlak mulia, sehat, cerdas,kreatif,inovatif,mandiri,demokratis,bertanggung jawab, berdaya saing, memiliki jiwa kepemimpinan,kewirausahaan,kepeloporan, kebangsaan dan tetap dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia,”ucapnya.

Lanjut Herman,”kelak kalau saya terpilih sebagai kepala desa embacang saya akan proritas kan sekolah agama hindu yang ada di dusun 03 untuk mewujudkan manusia yang religi karna dari pendidikan agama itulah yang akan menjadi pemicu percepatan pembangunan sumber daya manusia yang Berprestasi di segala bidang khusus nya bagi umat hindu di desa embacang,”ujarnya.

Sebagai bentuk kepedulian saya terhadap pembangunan gedung Pasraman ada sedikit cindra mata dan mudah mudahan bermanfaat serta menjadi motivasi bagi masyarakat,”pungkas Herman Basnan.(Depa yolanda).