Tumpukan Sampah di Gerbang Belakang RSU Ryacudu

33

Lampung Utara – Pintu gerbang belakang Rumah Sakit Umum May.Jend.Ryacudu Lampung Utara jadi tempat pembuangan sampah oleh masyarakat, Jumat (23/7/2021)

Pintu gerbang belakang RSU.May.Jend.Ryacudu yang terletak di Jalan Punai Jaya ini, meski sudah diberi papan peringatan dengan tulisan “Dilarang Buang Sampah Di Sini” namun tetap saja menjadi tempat pembuangan sampah oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Sampah yang berserakan tersebut dapat dilihat kebanyakan jenis sampah rumah tangga dan sampah pelastik. Tidak hanya mengotori jalan dan dinding sekitar pintu gerbang belakang rumah sakit tersebut, sampah-sampah itu juga menimbulkan bau busuk, sehingga mengganggu pengguna jalan dan warga sekitar.

Menurut Muji (29th) warga sekitar, tempat tersebut sudah lama menjadi tempat pembuangan sampah, dan ia mengatakan secara pribadi ia tidak pernah membuang sampah ditempat tersebut, walaupun tidak ada papan peringatan. “Kalau saya pribadi, jujur saja saya tidak pernah buang sampah disitu karena saya punya tempat pembuangan sampah sendiri di belakang rumah saya, karena saya tau itu bakalan ganggu orang apalagi busuk seperti itu baunya,” katanya.

Penegendara motor yang bernama Iwan (38th) mengatakan, kemungkinan sampah-sampah itu bukan hanya dari warga sekitar, namun bisa jadi sampah-sampah itu juga dibuang oleh warga lain yang tidak dapat dipertanggungjawabkan perbuatannya.

“Saya kalau lewat sini baunya itu menyengat kadang, kalau menurut saya sih kayaknya bukan Cuma orang sini aja yang buang sampah disini bisa jadi orang dari tempat-tempat lain, yang kemungkinan ini gak bisa baca atau buta huruf,” tegasnya.

Karena tumpukan sampah tersebut sangat mengganggu, dalam hal ini diharapkan kepada warga sekitar dapat bersama-sama menjaga  kebersihan lingkungan, dan kepada Dinas Instansi terkait dapat segera mengatasi hal tersebut. (shanti)