Mediasi dan Rembuk Masyarakat Bantuan KPM DD

75

Lampung Utara,-Rumbuk mediasi masyarakat selaku Keluarga Penerima Manpaat KPM Bantuan Lansung Tunai Dana Desa BLT-DD Desa Suka Maju Kecamatan Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara.

Hadir pada mediasi tersebut Mintaria Gunadi Ketua Lembaga Independen Pemantau Anggaran Negara LSM-DPD-LIPAN Lampung Utara, LI-BAPAN Bapak Pirhan, Ketua Tim 11 Sekretaris Desa Suka Maju Bapak Agus, Pj.Kepala Desa Bapak Subur, Ketua BPD Bapak Rimanto, Kepala Dusun dan Perangkat Desa lainya kaur dan kasi serta perwakilan KPM masyarakat setempat Desa Suka Maju.” 3/5/2021.

Pada kesempatan tersebut masyarakat yang di dampingi oleh Mintaria Gunadi dan Pirhan sebelumnya menyampaikan atas keluhan masyarakat selaku KPM tentang ada pemutusan sepihak oleh Pemerintah Desa Suka Maju selaku KPM-BLT-DD dengan jumlah 162 Kepala Keluarga KK penerima manpaat.

Dengan berbagai penjabaran oleh Tim 11 yang di pimpin oleh Sekretaris Desa Suka Maju Bapak Agus, menimbulkan kesepakatan untuk semua data KPM di tinjau ulang kembali dengan kata lain di lakukan Vrifivali (Verifikasi Validasi) data kepada KPM.

Agar dapat memenuhi sasaran penerima manfaat, seperti yang di sampaikan Agus selaku Ketua Tim 11 Desa Suka Maju mengenai Data BLT-RTM Dana Desa tahun anggaran 2021 dalam waktu dekat akan kami kroscek dan di lakukan musyawarah,” katanya.

Hal ini juga di sampaikan Agus saya sangat berterima kasih atas mediasi ini, yang dapat berjalan dengan baik, tidak menimbulkan gejolak, dan saya berharap masyarakat tetap aman dan kondusif, sekali lagi saya tegaskan, bahwa semua data akan kita lakukan Verifikasi Validasi ulang,” tukasnya.

Pada kesempatan yang sama di sampaikan oleh Pirhan Tim LI-BAPAN Lampung Utara, dia menitip amanahkan kepada masyarakat agar dapat menjaga stabilitas ketertiban dan keamanan, jangan sampai timbul gejolak konflik yang berkepanjangan terkait data BLT.

Pirhan juga menitip beratkan kepada Pemerintah Desa Suka Maju agar berkerja secara profesional dan cukup bijak mengatasi masalah dengan masyarakat selaku calon penerima BLT-RTM yang akan di salurkan pada tahun 2021, agar tidak menimbulkan dampak kecemburuan sosial di masyarakat,” ujarnya.

Senada di sampaikan oleh Ketua BPD Bapak Rimanto yang meminta Pemdes Suka Maju, untuk berkerja sesuai tugas dan fungsinya, jangan semerta-merta di serahkan dengan Kepala Dusun dan RT tapi Tim 11 ini benar-benar cek data hasil apa yang di ajukan oleh RT dan Kepala Dusun, saya tidak berharap masalah seperti untuk terulang lagi, ayo kita bersama-sama untuk memajukan Desa Suka Maju,” tegasnya.

Serupa di sampaikan oleh Pj. Kepala Desa Suka Maju Bapak Subur, yang dirinya juga baru menghitung hari jadi Pj Kepala Desa, dengan kejadian seperti ini saya selaku Pj. Kepala Desa sangat berterima kasih sumbang saran dari masyarakat khususnya LSM-LIPAN Lampung Utara.

“Yang sudah ikut terlibat dalam mediasi ini, dan saya berharap pada kesempatan pertemuan kali ini, dapat langsung menyelesaikan masalah, apa yang di keluhkan masyarakat, dan saya juga berharap dengan Perangkat Desa agar benar-benar bekerja sejalan dengan tugas dan fungsinya untuk mengemban amanah masyarakat, menyampingkan kepentingan pribadi, tapi benar untuk kepentingan masyarakat.(*)