PANGDAM II SRIWIJAYA PIMPIN UPACARA PERESMIAN SATUAN DAN PELANTIKAN KOMANDAN BRIGADE

972

Palembang,-Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi memimpin upacara peresmian Satuan Brigade Infanteri (Brigif) 8/Garuda Cakti (GC) Kodam II/Swj, Rabu (31/3/2021) bertempat di Markas Komando Brigif 8/GC yang berlokasi di Desa Gunung Agung, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Selain peresmian Brigif 8/GC dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan Pelantikan Danbrigif 8/GC serta Alih Kodal satuan yakni, Yonif 141/AYJP dan Yonif 144/JY, yang sebelumnya berada di jajaran Korem 044/Gapo dan Korem 041/Gamas, selanjutnya dialihkodalkan ke jajaran Brigif 8/GC.

Peresmian Satuan Brigif 8/GC dan pelantikan serta Alih Kodal satuan tersebut dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19, namun tetap menjalankan protokol kesehatan tanpa mengurangi hikmat dan tujuan dari kegiatan itu.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi dalam sambutannya mengatakan bahwa, peresmian, penataan dan pembentukan satuan baru di jajaran TNI AD ini sudah melalui kajian strategis dan evaluasi yang mendalam terhadap berbagai aspek sehingga terwujud stabilitas pertahanan negara, khususnya di wilayah Kodam II/Swj.

Selain itu, salah satu latar belakang pembentukan Brigade Infanteri 8/Garuda Cakti dan Alih Kodal Satuan yaitu dalam rangka mengimbangi perkembangan lingkungan strategis dan mengantisipasi kemungkinan potensi ancaman yang diprediksi akan selalu bergerak secara dinamis serta bervariatif pada masa yang akan datang sesuai tuntutan kemajuan zaman.

Pangdam juga menyampaikan bahwa, pembentukan Brigade Infanteri 8/Garuda Cakti merupakan realisasi keinginan, harapan dan permintaan masyarakat serta Pemerintah Daerah. Hal itu, menunjukkan sebagai wujud kepercayaan masyarakat Bengkulu terhadap Kodam II/Swj.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan Alih Kodal Satuan yaitu, Yonif 144/Jaya Yudha dan Yonif 141/Aneka Yudha Jaya Prakosa yang sebelumnya berada di jajaran Korem 041/Gamas dan Korem 044/Gapo yang selanjutnya dialihkodalkan ke Brigif 8/Garuda Cakti Kodam II/Swj.

Alih Kodal ini merupakan salah satu upaya pemenuhan tuntutan organisasi dalam rangka pembangunan kekuatan pokok minimum atau Minimum Essential Force, yang bertujuan untuk memudahkan Komando dan Pengendalian.

“Saya berharap, dengan peresmian dan Alih Kodal ini dapat memberikan kontribusi positif dalam menciptakan rasa aman, damai serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan terjalin komunikasi yang baik dengan Pemerintah Daerah, Polri dan segenap komponen masyarakat”, ungkap Mayjen TNI Agus Suhardi.

Diakhir sambutannya Pangdam menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Bapak Gubernur dan Bupati beserta Forkopimda dan seluruh masyarakat Kabupaten Rejang Lebong, yang telah memberikan dukungan dan kerja sama yang baik, mulai dari penyiapan markas sampai dengan peresmian, sehingga berjalan dengan aman dan lancar.

Peresmian Satuan Brigif 8/GC ditandai dengan pembukaan selubung papan nama Brigif 8/CC, Penandatanganan prasasti, penguntingan pita oleh Pangdam II/Sriwijaya, didampingi Gubernur, Kapolda Bengkulu, Danrem 044/Gapo dan Danrem 041/Gamas, dilanjutkan dengan penanaman pohon mangga di lokasi halaman depan Markas Brigif 8/GC.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu beserta Forkopimda, Irdam II/Swj, Danrem 041/Gamas, Danrem 044/Gapo, Asrendam II/Swj, Asops Kasdam II/Swj, Aspers Kasdam II/Swj, Kapendam II/Swj, Bupati Rejang Lebong beserta Forkopimda, Komandan beserta para Prajurit Brigade Infanteri 8/Garuda Cakti Kodam II/Swj, Ketua Persit beserta Pengurus Persit KCK PD II Sriwijaya, para Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.(*)