Asisten I Memiliki Wewenanga Dalam Membantu Sekda di Bidang Pemerintahan dan Kesra

15

Lampung Utara – Asisten I memiliki kewenangan untuk membantu tugas Sekretaris Daerah di bidang Pemerintahan dan Kesra, apa saja yang berkaitan dengan hal itu juga dapat melalui Asisten I Pemkab Lampura, Selasa (23/02/2021)

Dijelaskan Asisten I atau Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat mempunyai tugas membantu Sekretaris Daerah dalam perumusan kebijakan, koordinasi pelaksanaan program, pelayanan administrasi, pemantauan, dan evaluasi bidang pemerintahan, hukum dan kesejahteraan rakyat.

Mankodri selaku Asisten I Pemkab Lampung Utara menjelaskan, selain mempunyai tugas seperti dijelaskan di atas, Asisten juga mempunyai beberapa fungsi yaitu, perumusan, pengoordinasian, pemantauan dan evaluasi, kebijakan di bidang pemerintahan, hukum dan kesejahteraan rakyat. Dimana fungsi tersebut dijalankan sesuai dengan peraturan Undang-Undang yang telah diterapkan.

”Kewenangan yang telah diberikan tersebut sesuai dengan peraturan Undang-Undang yang telah diterapkan, dan harus dijalankan dengan baik, demi kemajuan bersama,”katanya.

Tidak hanya itu, Asisten I juga mempunyai kewenangan untuk perumusan dan pengoodinasian bahan pembahasan, pembinaan, pemantauan, dan evaluasi, pelaksanaan administrasi kebijakan daerah di bidang pemerintahan dan kesejahteraan masyarakat.

Kesejahteraan masyarakat yang dimaksud adalah seperti tingkat kemiskinan yang juga akhir-akhir ini sangat berpengaruh, dikarenakan dampak dari pandemi virus Covid-19. Karena kemiskinan merupakan salah satu faktor terjadinya kelaparan dan gizi buruk, hal ini sangat memperihatinkan karena gizi buruk dapat memicu sumber daya manusia kita menjadi tidak produktif, hal ini membuat kita gagal menyampaikan atau tidak berguna dalam mengurus daerah atau wilayah kita sendiri.

“Selain itu juga, kita akan menjalankan perintahan kedinasan apabila ada perintah dari atasan baik itu dari Bupati maupun Sekda,”katanya.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Mankodri juga selalu menyesuaikan dan mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan kebijakan. Dimana hal-hal tersebut nantinya akan disampaikan kepada Sekretaris Daerah Lampung Utara, dalam hal ini adalah Drs.H.Lekok,MM. (*)