DLH Tubaba Segera Benahi Permasalahan Sampah

27

TULANGBAWANG BARAT-Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulangbawang Barat (DLH Tubaba) akan segera membenahi permasalahan sampah yang menjadi gejolak di Pasar Panaraganjaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tubaba Firmansyah mengatakan, dirinya akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengatasi permasalahan sampah tersebut. Untuk itu dirinya akan mengajukan alat berat kepada pemerintah setempat guna mempercepat pembersihan sampah itu.

” Kami akan mengajukan bantuan berupa dua unit Dump Truck dan satu unit excavator mini guna mempercepat proses pembersihan sampah yang menumpuk ini. Karena, jika kita hanya mengandalkan tenaga para pekerja yang menggunakan alat seadanya, butuh waktu yang sangat lama. Sedangkan, jumlah volume ini akan semakin menumpuk,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan usai melakukan peninjauan langsung tempat sampah di Pasar Panaraganjaya. Selasa (12/01/2020).

Menurutnya, bantuan alat berat tersebut sangatlah dibutuhkan. Karena, jika melihat kondisi kendaraan pengangkut sampah yang saat ini digunakan bisa dikategorikan sudah tidak layak pakai.

” Bisa kita lihat disini, keadaan mobil truk pengangkut sampah sudah sangat tidak memungkinkan. Mulai dari suku cadangnya yang sudah lapuk tergerus oleh waktu. Misal, baknya yang sudah bolong-bolong. Bannya juga sudah sangat gundul. Kemudian tenaga kerjanya pun terbatas. Kami sangat berharap semua komponen ini bisa segera diperbaharui, agar kami bisa bekerja secara maksimal,” paparnya.

Selain itu, dirinya juga mengajak seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah ditempat tersebut. Dikarenakan tempat sampah itu merupakan khusus untuk digunakan sampah pasar, bukan tempat sampah untuk umum.

” Mari kita sama-sama saling menjaga tempat ini. Tempat sampah ini khusus untuk menampung sampah pasar. Bukan untuk sampah masyarakat umum,” kata dia. (Istamar).