Menjelang Tahun Baru dan Natal Harga Sembako Meroket

105
Lampung Tengah-Jelang libur Nasional natal dan tahun baru, sejumlah harga kebutuhan pokok di Pasar Candi Rejo mulai meroket. Kenaikan harga terjadi hampir merata di mulai dari sayur mayur hingga cabai dan bumbu dapur,Rabu(23/12/2020).

Marina salah satu pedagang pasar di Desa Candi Rejo, Kecamatan Way pengubuan, Kabupaten Lampung tengah mengungkapkan Hampir seluruh harga barang pokok mengalami kenaikan.

Harga yang alami kenaikan seperti bawang merah naik dari Rp30 ribu/kg menjadi Rp40 ribu/Kg, bawang putih dari Rp22 ribu menjadi Rp26ribu/kg.Cabai merah Rp45 ribu naik menjadi Rp75 ribu/kg, cabai rawit naik dari Rp30 ribu/kg menjadi Rp33 ribu/kg, sayur mayur rata rata naik dari Rp5 ribu menjadi Rp8 ribu/kg seperti sawi, kubis, timun, tomat di kacang panjang.

“Rata rata naik sejak satu minggu terakhir mungkin mau dekat liburan natal dan tahun baru Jadi banyak stok dari agen berkurang,” katanya.

Namun Marina tidak risau pasalnya walaupun harga melambung tinggi pasar Masih tetap dipadati oleh pembeli walau kadang juga tidak setiap hari pasar ramai pembeli namun masih ada pemasukan di warung nya.

“masih lumayan akhir-akhir ini mulai ramai bulan-bulan lalu waktu masih Covid-19 ada pembeli itu bisa dihitung kadang sehari cuma ada 5-15 orang aja,Tapi kalau sekarang terbilang cukup ramai bisa 50-100 orang yang belanja dalam satu hari,” bebernya.

Sementara itu, sejumlah harga produk yang masih stabil diantaranya, gula putih Rp12 ribu/Kg, gula merah Rp22 ribu/Kg, beras IR Rp11-12 ribu/Kg, kentang Rp13 ribu/Kg, ikan Nila Rp30 ribu/kg, daging ayam potong Rp35ribu/Kg.

“Di Desa Candi Rejo memang belum ada agen besar jadi harga produk kita di pengaruh oleh harga di tempat lain. Oleh sebab itu Kita cek terus kondisi harga, memang saat ini ada lonjakan karena mendekati libur natal dan tahun baru,” tutupnya.(Vivi)