RB Dinyatakan Reaktiv Covid-19 dan Alami Banyak Gejala Penyakit.

39

Lampung Utara,-Selain dinyatakan reaktiv Covid-19 dan di isolasi, RB, SE juga mengidap sakit parah dan telah melakukan pengangkatan empedu pada tahun 2016, Senin (14/12/2020).

RB, SE yang merupakan pensiunan ASN ini dinyatakan reaktiv Covid-19 pada saat melakukan pemeriksaan di Kejaksaan Negeri berkaitan dengan adanya dugaan penyalahgunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk program pembangunan irigasi tanah dalam atau yang sering disebut dengan sumur bor, dan kini sedang menjalani massa isolasi di Islamic Center Kotabumi Lampung Utara. Dan selama massa isolasi satu orang perwakilan keluarga selalu mengunjungi RB untuk memastikan keadaanya baik-baik aja.

Menurut salah satu anak RB,  Anggun Tri Maryah ayahnya yang sudah lanjut usia tersebut selain dinyatakan reaktiv, namun juga mengidap penyakit parah yang berkaitan dengan lambung. Selain itu diketahui bahwa RB telah melakukan pengangkatan empedu pada tahun 2016, dan kini untuk pencernaan bagian lambung tidak lagi normal.

Akibatnya Rusdie harus melakukan proses rawat jalan dan hanya dapat mengkonsumsi bubur demi kesehatannya.

Tidak hanya penyakit lambung, namun Rusdie juga mengidap penyakit massa tua lainnya, seperti darah tinggi (hipertensi), kolesterol, dan gula darah tinggi.

Selain hanya dapat mengkonsumsi bubur, RB juga tidak diperbolehkan lagi untuk mengkonsumsi makanan manis dan berlemak serta gula konsumsi digantikan dengan gula jagung.

“Memang benar waktu pemeriksaan di Kejaksaan, bapak dinyatakan reaktiv dan sekarang sudah di isolasi. Tapi sebenarnya kan bapak memang sudah tua jadi banyak banget penyakit yang di derita, seperti darah tinggi, kolesterol, gula darahnya juga tinggi.

Yang lebih parah lagi bapak kan empedunya sudah diangkat tahun 2016 lalu, makannya aja sekarang cuma bisa makan bubur dan gula nya juga gula jagung.

Hampir rutin tiap bulan juga bapak lakukan rawat jalan untuk kesehatan nya, ya bapak kan sudah tua lahirnya juga tahun 1957 jadi mungkin dengan kondisi sakit-sakitan nya jadi mudah tertular dan inytakan reaktiv,’’ kata Anggun.

Keluarga besar RB sangat mengharapkan agar massa isolasi dapat berlansung dengan baik dan cara perawatan yang diberikan juga baik demi kesehatan Rusdie cepat meningkat dan dapat kembali berkumpul lagi dengan keluarga seperti semula. (shanti-cw1)