Provesi Apapun Dapat Menjadi Anggota KPS Kharya Bhakti Lampura.

52

Lampung Utara- KPS Karya Bhakti merupakan salah satu lembaga koperasi yang terbuka, Kantor KPS Karya Bhakti yang terletak di Jalan Jendral Alamsyah RPN ini merupakan salah satu lembaga koperasi yang bersifat terbuka di Lampung Utara,Minggu (13/12/2020).

Dalam hal ini yang dijelaskan terbuka berarti siapa saja dan provesi apapun dapat menjadi anggota KPS Kharya Bhakti,dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku.

Untuk pendaftaran menjadi anggota, diharuskan untuk mempunyai niat dan kepercayaan penuh kepada KPS Karya Bhakti. Selain itu, persyaratan umum seperti data diri atau KTP, KK, foto, dan mengisi formulir yang disediakan.

Dijelaskan Suhadi juga awal untuk pendaftaran sebesar Rp177.000 dengan rincian sebagai biaya pangkal, wajib, dan pokok yang bersangkutan dengan biaya administrasi awal, tabungan, dan buku tabungan sebagai bukti keanggotaan KPS karya Bhakti. “Biaya yang diawal itu merupakan biaya administrasi, tabungan awal, dan biaya untuk buku tabungannya, jadi nanti kita kasih buku tabungan sebagai bukti keanggotaan gitu,”jelas Suhadi selaku Ketua Managemen KPS Karya Bhakti.

Tambah Suhadi untuk mengajukan pinjaman, anggota harus sudah tercatat selama 3 bulan menjadi anggota KPS, pinjaman yang diberikan sebesar Rp1.000.000 (satu juta rupiah) sampai dengan Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah). Untuk cicilan, ditentukan dengan kesanggupan anggota untuk membayar dalam jangka waktu yang akan disepakati bersama dan dengan bunga biaya sebesar 2% sampai dengan 2,5% yang ditentukan dari banyak nya tabungan anggota yang tercatat di KPS,”tegasnya.

Jenis-jenis simpanan terbagi menjadi simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan program pendidikan, simpanan sukarela, dan simpanan masa depan lainnya.

Simpanan tersebut menjadi salah satu tabungan para anggota yang akan dikembalikan apapbila anggota mengundurkan diri dengan catatan biaya pendaftaran awal tidak dapat ditarik kembali dan akan dibuktikan dengan buku tabungan dan rincian lainnya. “Sebenarnya itu gak hilang tapi sudah berwujud buku tabungan, dan biaya pendaftaran awal itu kan memang tidak bisa ditarik kembali, uang itu tidak hilang tapi memang telah digunakan di awal pendaftaran, yang kita jelaskan tadi, “pungkas Suhadi. (shanti cw-1)