Kebutuhan Dapur Naik Drastis.

36

Lampung Utara,- Semakin mendekati hari besar Natal dan tahun baru tidak hanya harga sembako yang mulai naik, namun harga kebutuhan dapur lainnya juga mulai naik, Rabu (09/12/2020).

Salah satunya terjadi di pasar Central Kotabumi, kenaikan harga kebutuhan dapur seperti harga cabai merah, cabai hijau, dan cabai rawit naik drastis. Untuk harga cabai merah mulai dari harga Rp30.000 kini naik hingga mencapai Rp50.000, harga cabai hijau dan rawit yang semula Rp18.000 naik menjadi Rp25.000. Untuk harga sayuran pada umumnya masih bisa dikatakan stabil. Namun dalam hal ini harga bawang merah dan bawang putih mengalami penurunan yang cukup drastis. Harga bawang merah yang semula Rp35.000 turun menjadi Rp25.000 dan untuk bawang putih harga semula Rp30.000 sampai Rp40.000 kini turun menjadi Rp18.000 sampai Rp20.000.

Nur Aini salah satu pedagang sayuran mengatakan bahwa hal seperti ini sudah biasa terjadi bila akan mengahadapi hari-hari besar dan akhir tahun, namun ini juga dapat mempengaruhi omset para pedagang, bisa saja omset mengalami kenaikkan dan bahkan bisa berbanding terbalik, yaitu mengalami penurunan sesuai dengan kebutuhan pembeli. “Kalau untuk omset ya bisa naik bisa juga turun tergantung banyak nya pembeli, walaupun harga naik kalau pembelinya juga sepi ya turun,”kata Nur Aini.

Para pedagang mengharapkan agar harga-harga tersebut dapat mengalami kestabilan kembali dan dapat menyeimbangkan pendapatan pembeli maupun pedagang. “Semoga aja bisa turun dan stabil lagi karena juga ada pengaruhnya ada gak nya tapi alangkah baiknya kalau pendapatan dan pengeluaran itu seimbang,”pungkas Safei pedagang sayuran di pasar Central Kotabumi. (shanti)