Populernya Kembang Hias Ahirnya Memberi Keuntungan Para Penjual Terutama Jenis Aglonema.

48

Lampung Utara,- Melejitnya kegemaran akan kembang hias di akhir-akhir ini, tidak hanya memberi keuntungan bagi para pecinta tanaman, namun juga memberi keuntungan dan peluang bagi penjual kembang hias terutama jenis aglonema, Senin (07/12/2020)

Akhir-akhir ini banyak dijumpai penjual kembang hias di tepi jalan, seperti penjual yang membuka lapaknya ditepi jalan lintas Sumatera, tepatnya di bagian pintu masuk pasar Central Kotabumi, salah satunya Erlan satu warga Tulung Bungur, Kotabumi Udik. Ia membuka lapak penjualan kembang hias sebagai salah satu pekerjaan sampingannya sebagai petani singkong. Ia menjelaskan bahwa pekerjaan nya sebagai penjual kembang hias ini dapat menjadi salah  penutup kekurangan ekonomi yang dialami saat pandemi Covid-19.

Untuk kembang hias yang sering diserbu oleh para pembeli adalah jenis Aglonema yang memang pada dasarnya memiliki keunikan warna dan bentuk daunnya. Untuk perkisaran harga mulai dari Rp15.000 sampai dengan Rp450.000 sesuai dengan kelangkaan dan jenis warna serta ketebalan daun yang dimiliki oleh kembang hias tersebut. “Kalau harga paling murah yang talas putih ini cuma Rp15.000 aja tergantung ketebalan daunnya, kelangkaan, dan warnanya, kalau semakin tebel daunnya kan semakin kayak plastik gitu, itu yang buat mahal,”kata Elan.

Tidak hanya itu jenis Bonsai pun juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembeli. Untuk harga mulai dari kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah. “Kalau saya sukanya yang aglonema, kayak jenis keladi yang bagus-bagus dan warnanya juga bagus, kalau untuk bonsai nya saya suka bonsai yang dari pohon asam,”ucap Sri pembeli dan pengoleksi kembang hias.

Mengoleksi kembang hias yang akhir-akhir ini banyak di gemari kalangan menengah dan atas disimpulkan dapat menciptakan peluang ekonomi yang besar bagi warga yang terkena dampak pandemic Covid-19. (shanti)