Orasi Politik Cawabup M Sahril Topan, Berkomitmen Keluarkan Status Rokan Hulu Termiskin Di Provinsi

22

ROKAN HULU-Dalam orasi politik Cawabup Rokan Hulu (Rohul) M Sahril Topan ST,  menegaskan  jika keuangan Pemkab Rohul sudah sakit, awalnya sampai Rp 1, 6  Triliun, kini mengalami penurunan yang sangat signifikan kini hanya Rp 1,1  Triliun.

Hal tersebut, terungkap ketika, pada kegiatan kampnye dialogis Paslon Nomor Satu, Bupati-Wakil Bupati Rohul,  H Hamulian-M Sahril Topan ST, di kediaman H Sari Antoni SH, Sabtu (14/11/2020), langsung dihadiri Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Riau Drs H Syamsuar MSi.

M Sahril Topan ST mengakui kalau dirinya, sudah menjabat Ketua Partai PAN Rohul, namun sebelumnya dirinya diminta  Ketua DPD 1 Partai Golkar, Drs H Syamsuar MSi untuk maju mendampingi H Hamulian untuk memimpin Rohul ini.

“Kembali saya tegaskan, saya tidak akan maju pada awalnya, namun karena melihat kondisi Rokan Hulu yang hari ini, kondisinya sakit, APBD kita biasanya sampai di angka Rp 1,6 Triliun yang hari ini ketika disampaikan pemerintah ke DPRD itu hanya sampai kemarin disahkan 1,1 triliun, hampir 500 miliar uang kita tidak ada lagi,” ungkap M Sahril Topan ST.

Lanjutnya, hari ini kondisi yang sesuai dengan hasil data BPS bahwa Rokan Hulu itu adalah Kabupaten termiskin di Provinsi Riau. “Sekarang pertanyaan saya. Maukah bapak-ibu semua ini tetap disebut termiskin.! kalau mau tunjuk tangan, kita lanjutkan kemiskinan ini,” tuturnya.

“Jadi mungkin program-program sudah disampaikan oleh Bapak Hamulian, tapi yang jelas kehadiran kita adalah karena rasa sayang kita kepada kampung kita, Kabupaten Rokan Hulu ini,” tegas yang seorang Aktifis yang dekat dengan masyarakat ini.

Diterangkannya, secara pribadi Jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD jika secara pribadi itu sudah cukup lah. ” Namun saya berhenti, kalau untuk pribadi saya sangat tidak logic, tapi sebagai Putra yang dilahirkan di Rokan Hulu ini, ketika melihat kondisi Rokan Hulu ini, seperti ini, maka bagaimana pun ini harus ada yang tampil untuk memperbaikinya,” katanya lagi.

Awal-awalnya dia, sebenarnya kepingin jika Ketua PD II Golkar H Sari Antoni dan Kelmi Amri yang maju pada Pilkada ini. “Karena saya sudah sampaikan, walaupun tidak satu partai dengan saya, tapi saya tetap mendukung, jika mereka maju. Maka hari ini saya diberikan amanah menjadi Wakil Bupati Rokan Hulu,” tuturnya.

Sebenarnya, dari Tambusai ini, sambungnya ada beberapa Ketua Partai. “Saya sendiri dari PAN, Bang Sari Antoni senior kita dari Partai Golkar dan ada saudara Kelmi  Amri, saya berharap mereka yang ambil bagian untuk mengubah kondisi Rokan Hulu hari ini, tapi Allah SWT memberikan amanah kepada saya,” terangnya dengan suara lantang.

M Sahril Topan ST kambali mengungkapkan dengan tegas, jika dirinya dilahirkan di Rokan Hulu ini, hidup dan besar juga di sini, sekarang tinggal dan rumahnya di Pasir Pangaraian.

“Sedangkan Bapak Hamulian juga lahir dan besar di Rokan Hulu ini, tinggal dan rumahnya di Pasir Pangaraian, jadi kami yakin dari lima Luhak Rokan Hulu ini yaitu Kepenuhan, Kunto, Rokan, Rambah dan Tambusai pasti mendukung kami, karena kita semua di Rokan Hulu ini bersaudara,” paparnya.

“Makanya kita tampil di sini, mudah-mudahan masyarakat Rokan Hulu, khusus Tambusai-Tambusai Utara menentukan kemenangan kita pada Pilkada 2020 ini. Masa kita memilih yang lain,” imbuhnya.

“Juga menjadi harapan kita, terutama Tambusai Utara tidak ada lagi bahasa ini bahasa itu, kita harus bersatu kita harus kompak kita bersatu, kita buktikan bahwa kita menang dengan suara mayoritas,” paparnya

“Kita lihat seperti di Kepenuhan luar biasa dukunganya, mengalir seperti air, masa kita tidak kompak, maka bersatulah, itu yang kami harapkan kepada kita semua,” katanya.

“Untuk itu dengan Bismillah dengan niat yang baik, kita tidak mau lagi dikatakan Rokan Hulu ini, menjadi kabupaten termiskin di Provinsi Riau ini,” jelas M Sahril Topan ST.

“Kemudian anak-anak muda kita hari ini, banyak yang menganggur, karena kita hanya mampu mengeluarkan kartu kuning, tapi tidak mampu memberikan peluang,” katanya.

M Sahril Topan berharap juga kepada Ketua DPD I Partai Golkar, sampai Hari ini. “Kita lihat tiang listrik, tapi tidak ada kabel listrik sampai ke rumah masyarakyat, banyak jembatan belum selesai yang menghubungkan akses potensial masyarakyat,” lanjutnya.

“Kita sangat berharap bantuan Pemerintah Provinsi, jika kita seiya sekata antara provinsi dan daerah, saya yakin kebutuhan kita terjawab. Alhamdulillah terhadap kami dukunganya cukup luar biasa, nanti kita sudah menang, perlu perhatian pemerintah provinsi sangat besar untuk kita di sini,” ujarnya.

“Kemudian karena kita berada di wilayah perbatasan. Saya masih ingat betul apa yang disampaikan Ketua DPD 1 Partai Golkar waktu debat kandidat kemarin, salah satu itu adalah wilayah perbatasan Riau dan itu adalah Tambusai Utara ini yang menurut kami akan menjadi perhatian khusus,” paparnya.

“Termasuk banyak jalan-jalan hari ini yang di palang, setiap lewat uang masyarakat harus bayar, sehingga uang masyarakat banyak tinggalnya di jalan daripada yang di bawa ke rumah, Yang seperti itu nanti akan menjadi tugas pemerintah untuk merawat jalannya, memperbaiki jalannya, ini harus menjadi perhatian kita,” tukasnya.

“Mohon kepada kita semua, tanpa dukungan kita semua kami tidak ada apa-apanya, tapi mudah-mudahan niat niat yang baik ini, saya yakin masyarakyat akan menolong kita, jadi caranya pada 9 Desember 2020 menangkan Paslon Nomor satu ini,” imbuhnya.

M Sahril Topan pun berharap juga kepada Ketua DPD 1 Provinsi Riau yang nota bene juga sebagai Gubernur Provinsi Riau. “Kami minta konsentrasi penuh bagaimana di Kabupaten Rohul bisa memberikan perhatiannya, supaya bisa menstabilkan kembali keuangan Rokan Hulu yang hari ini sakit,” tutupnya mengakhiri.(*)