DUKUNG KEBERADAAN ISP LOKAL, SEKDA MUBA H. APRIYADI SAMBUT BAIK KEHADIRAN PT. SNS

17

Musi Banyuasin,- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) H. Apriyadi menyambut dengan baik kehadiran PT. Sky Network Solution (SNS) yang merupakan Internet Service Provider (ISP) lokal pertama dan satu-satunya di Kabupaten Muba. Hal ini diungkapkannya disaat menerima audiensi Manajemen PT. SNS, rabu (29/07/2020) di Kantor Bupati Muba.

“Saya menyambut baik kehadiran PT. SNS yang akan berkontribusi mendukung percepatan perwujudan Program Muba Smart Regency yang merupakan salah satu program prioritas pembangunan daerah. Dan Pemkab Muba tentu akan mendukung keberadaan ISP lokal Muba ini serta berharap nantinya dapat bekerjasama dalam penyediaan jaringan internet sampai ke desa/kelurahan di wilayah Kabupaten Muba,” ujar Apriyadi.

Selanjutnya Apriyadi berharap PT. SNS dapat membantu dalam memberikan solusi layanan akses internet ditengah pandemi COVID-19 yang sedang melanda saat ini.

“Untuk mencegah penyebaran COVID-19, salah satunya dilakukan dengan menerapkan physcal distancing, sehingga saat ini banyak aktivitas pekerjaan maupun pengajaran anak-anak sekolah dilakukan melalui daring atau online. Namun masyarakat Muba masih banyak kesulitan untuk mendapatkan layanan internet. Saya berharap PT. SNS dapat memanfaatkan peluang ini dengan menghadirkan layanan internet yang berkualitas dan menjangkau seluruh wilayah Kabupaten Muba. Terkait skema kerjasamanya seperti apa secara teknis akan dibahas dengan Dinas Kominfo dan Bagian Kerja Sama,” jelas Apriyadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Muba Herryandi Sinulingga mengatakan ia berharap PT. SNS bisa berkontribusi dalam menyediakan layanan WiFi Publik sebagaimana harapan dan keinginan dari Bupati Muba Dr. H. Dodi Reza Alex Noerdin.

“Kami berharap PT. SNS nantinya dapat bekerjasama dengan Pihak Pemerintah Desa dalam upaya penyediaan fasilitas WiFi Publik yang berlokasi di balai desa atau taman desa,” ujar Sinulingga.

Terpisah, Direktur Utama PT. SNS Sandi Tias didampingi Komisaris Utama PT. SNS Dr. Wandi Subroto mengatakan siap untuk mendukung Program Muba Smart Regency dan siap bekerjasama dengan semua pihak baik perangkat daerah terkait maupun pihak pemerintah desa guna mewujudkan layanan internet berupa fasilitas Wifi Publik di desa/kelurahan.

“Kami ada produk layanan internet dengan nama SmartMuba, nantinya diharapkan dapat memberikan solusi untuk mengatasi masalah jaringan internet di Kabupaten Muba. Kami siap berkontribusi dalam mendukung Program Muba Smart Regency dalam mewujudkan kantor perangkat daerah sampai ke kantor desa/kelurahan menjadi smart office dan bekerjasama dengan Pemerintah Desa/Kelurahan untuk membangun Smart Park (Taman Internet-red) di Desa/Kelurahan,” papar Sandi.

Sedangkan Komisaris PT. SNS Dr. Wandi Subroto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Muba melalui Sekretaris Daerah atas dukungannya kepada PT. SNS. “Mohon doa dan dukungannya, kami bercita-cita menjadikan perusahaan lokal ini berstandar internasional. Keberadaan PT. SNS sebagai ISP lokal ini juga kedepan dapat membuka peluang kerja bagi lulusan Poltek Sekayu atau SMK jurusan TIK yang ada di Muba,” pungkas Dr. Wandi.

Tampak hadir pula dalam audiensi PT. SNS dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Kabag Kerja Sama Sekretariat Daerah, Mewakili Kepala Bappeda, BPKAD dan Dinas PMD Kabupaten Muba.