Mengudara di RBL, Pemerintah Kecamatan Bayung Lencir Ajak Generasi Milenial Kampanyekan Protokes Covid-19 Dalam Perayaan Idul Adha 1441 H

12

Musi Banyuasin,- Pemerintah Kecamatan Bayung Lencir mengajak generasi milenial untuk ikut mengkompanyekan protokes covid 19 dalam perayaan Idul Adha 1441H agar pelaksanaan solat ied dan pemotongan hewan qurban dapat mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid 19.

Hal ini disampaikan oleh Camat Bayung Lencir M.Imron, S.SOs., MSi diwakili Sekcam Bayung Lencir Heru Kharisma, SIP., MSi saat diundang oleh Bayung Radio 91.5 FM (Kamis, 30 Juli 2020).

Heru mengatakan bahwa pelaksanaan solat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban saat ini telah diperkenankan dilaksanakan baik di masjid maupun di lapangan, namun yang menjadi catatannya adalah harus mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penularan covid 19.

“Makannya kami gandeng generasi milenial yang tentunya masih gagah dan mobilisasinya lincah, agar ikut mengkompanyekan pelaksanaan Solat idul adha dan pemotongan hewan qurban silahkan dilaksanakan di masjid atau di lapangan dengan catatan patuhi protokol kesehatan” terangnya.

Ditambahkannya bahwa menindaklanjuti surat edraan Bupati Musi Banyuasin nomor 660/1316/DLH/II/2020 tentang perayaan Idul Adha tanpa sampah, Camat Bayung Lencir telah mengeluarkan surat himbauan nomor 451.2/335/BL-Kesos/VI/2020 kepada kades dan lurah untuk menghimbau dan memantau panitia pelaksana solat ied dan penyembelihan hewan qurban di masjid – masjid agar mematuhi protokes kesehatan dirumah ibadah serta mengurangi penggunaan sampah plastik dalam pendistribusian daging qurban nantinya.

“Bagi warga yang mau solat ied di masjid nanti silahkan ambil wudhu dari rumah, bawa sejadah sendiri, pakai masker, jaga jarak dan kurangi kontak fisik selama di rumah ibadah, dan untuk panitia masjid sediakan alat pengukur suhu tubuh, tempat cuci tangan, dan desinfeksi seluruh tempat yang akan digunakan jemaah, serta saat pembagian daging qurban nanti gunakan wadah yang ramah lingkungan sehingga tidak menimbulkan sampah plastik pasca qurban” bebernya.

Bang Pay sapaan akrab VJ Bayung Radio disela siarannya sempat bertanya perihal kondisi perkembangan kasus covid 19 di Kecamatan Bayung Lencir.

“Saat ini bagaimana perkembangan kasus covid 19 di Bayung Lencir pak?, serta langkah apa yang dilakukan pemerintah kecamatan memutus matarantai covid 19?”

Pertanyaan itu langsung dijawab Heru bahwa saat ini jumlah kasus positif covid 19 di Kecamatan Bayung Lencir per tanggal 30 Juli 2020 adalah zero Covid 19, serta beberapa langkah strategis pencegahan penyebaran Covid 19 diantaranya sosialisasi yg terus menerus secara masif, pembagian masker gratis, penyemprotan desinfektan pada fasilitas umum dan kendaraan, meluncurkan belanja online “Beniage”, pelaksanaan rafid tes massal, serta yang terakhir pembukaan gerai masker dan londri gratis.

“Alhamdulillah kita masih bertahan di zero covid 19 sampai dengan hari ini, semoga ini terus bertahan dan menjadi tugas kita bersama mempertahankannya” tambahnya.

Diketahui bahwa banyak upaya yang dilakukan pemerintah kecamatan Bayung Lencir untuk memutus penyebaran Covid 19 di Bayung Lencir, dan yang terbaru ialah pembukaan gerai masker dan londri gratis diluncurkan oleh Camat Bayung Lencir dengan menggandeng unsur Forkopimcam, pemdes/Kel, RSUD Bayung Lencir, Puskesmas, organisasi masyarakat dan pemuda Bayung Lencir, dan dukungan dari masyarakat tentunya.